Jokowi Imbau Kepala Daerah Tetap Waspada Kenaikan Covid-19

"Harus waspada dengan melakukan program strategis di kabupaten yang memecahkan masalah masalah mendasar dan membawa lompatan besar kedepan terus harus dikawal,"

Jokowi Imbau Kepala Daerah Tetap Waspada Kenaikan Covid-19

Telegraf – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau, para kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) agar tetap waspada terhadap kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, pemerintah daerah diwajibkan untuk terus mengawal secara ketat setiap kebijakan yang berkaitan dengan penanganan pandemi di wilayahnya.

“Hati-hati ini barang ini tidak kelihatan. Kita juga tidak mengetahui lewat apa penularannya melalui medium apa. Oleh sebab itu, satu-satunya jalan tetap harus waspada,” kata Jokowi, Jumat (26/03/2021).

Menurutnya, para kepala daerah di atas harus senantiasa mengawal kebijakan penanganan Covid-19 dengan ketat setiap hari. Caranya, dengan memantau terus pergerakan kasus di atas secara komprehensif di wilayahnya masing-masing.

Dengan mengetahui secara detail yang berkaitan kebijakan penanganan Covid-19, tentu saja akan membuat peluang kasus naik akan berkurang secara signifikan dalam beberapa waktu ke depan.

“Harus waspada dengan melakukan program strategis di kabupaten yang memecahkan masalah masalah mendasar dan membawa lompatan besar kedepan terus harus dikawal,” imbuhnya.

Ia mencontohkan, dirinya kerap melakukan pengawasan secara ketat terkait dengan penanganan pandemi dengan merujuk kasus di negara lain. Dengan melakukan hal itu, kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani wabah global ini tepat sasaran.

Sebab, seorang pemimpin perlu belajar penanganan Covid-19 dengan berkaca pada kasus yang dihadapi oleh negara lain. Langkah ini akan membuat kebijakan penanganan pandemi yang dilakukan dapat optimal mencegah kenaikan jumlah kasus.

Baca Juga :   Pemerintah Putuskan Larang Mudik, Ini Alasan Lengkapnya

“Seperti yang terjadi di India yang mengalami lonjakan mencapai 90 ribu kasus dan Amerika Serikat yang mencapai 66 ribu. Padahal berat waktu lalu jumlah kasus positif di kedua negara anjlok dengan tajam,” tuturnya.


Photo Credit: Presiden Joko Widodo (Jokowi) imbau Bupati Waspada Kenaikan Kasus Covid-19. FILE/Setkab/Muchlis Jr

 

Indra Christianto

close