Jokowi Akan Reshuffle Kabinet Pekan Ini?

“Begini, kebiasaan yang sering kita ikutin dari cara bapak presiden mengambil keputusan itu, kalau sudah ada persetujuan dari DPR. Kayak kemarin, kan suratnya sudah dikirim tanggal 30 Maret 2021 tentang penggabungan Kemristek dengan Kemdikbud, serta Kementerian Investasi. Kalau itu sudah disetujui, ya enggak lama,”

Jokowi Akan Reshuffle Kabinet Pekan Ini?

Telegraf – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan kembali akan melakukan reshuffle para menterinya atau melakukan perombakan kabinet. Kabar itu dibenarkan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Rencananya reshuffle kabinet akan dilakukan Jokowi pada pekan ini.

“Mudah-mudahan pekan ini. Kalau tidak aral melintang, ya pekan ini,” kata Ngabalin saat pada wartawan, Selasa (13/04/2021).

Ngabalin mengungkapkan, berdasarkan pengamatannya terhadap cara kerja Jokowi dalam mengambil sebuah keputusan, maka keputusan itu akan diambil bila Jokowi sudah mengantongi persetujuan dari DPR.

Sementara, surat pemberitahuan tentang penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pembentukan Kementerian Investasi serta Badan Riset dan Teknologi yang berdiri sendiri terpisah dari Kementerian Riset dan Teknologi telah dikirimkan Presiden Jokowi ke DPR pada 30 Maret 2021.

“Begini, kebiasaan yang sering kita ikutin dari cara bapak presiden mengambil keputusan itu, kalau sudah ada persetujuan dari DPR. Kayak kemarin, kan suratnya sudah dikirim tanggal 30 Maret 2021 tentang penggabungan Kemristek dengan Kemdikbud, serta Kementerian Investasi. Kalau itu sudah disetujui, ya enggak lama,” terangnya.

Ngabalin menambahkan, menurutnya Jokowi selalu cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Namun ketika ditanya tepatnya kapan reshuffle kabinet itu dilakukan, Ngabalin mengaku tidak tahu secara rinci. Ia hanya menegaskan pada Kamis (15/04/2021) pekan ini, diharapkan sudah mendapatkan informasi utuh mengenai reshuffle tersebut.

“Kita tahu, Presiden Jokowi gayanya selalu cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, tidak lambat-lambat. Makanya ditanya beberapa wartawan, saya jawab insyaallah pekan ini. Atau paling tidak Kamis ini sudah mendapatkan informasi utuh,” ujarnya.

Seperti diketahui, isu reshuffle kabinet muncul ketika DPR RI menyetujui usulan pemerintah merombak sejumlah kementerian. Persetujuan diberikan lewat Sidang Paripurna DPR RI pekan lalu.

Lewat surat tertanggal 30 Maret, Jokowi mengusulkan peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Jokowi juga mengusulkan pembentukan Kementerian Investasi.


Photo Credit: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan kembali melakukan reshuffle para menterinya atau melakukan perombakan kabinet.. FILE/Setkab/Muchlis Jr

 

Edo W.

close