Johnny: Infrastruktur Digital Perkecil Disparitas Sosial

"Indonesia memiliki 330.000 Km panjang optikal fiber, ini sama dengan lebih dari delapan kali mengitari bumi,"

Johnny: Infrastruktur Digital Perkecil Disparitas Sosial

Telegraf, Jakarta – Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia terus mengalami peningkatan. Salah satu tujuan percepatan pembangunan itu untuk memperkecil disparitas atau perbedaan pembangunan antara daerah satu dengan yang lain.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate optimistis melalui masifnya pembangunan infrastruktur digital, Indonesia akan bertransformasi dari dunia fisik menuju dunia digital.

“Kita membutuhkan untuk akselerasi pembangunan yang berkeadilan dan merata, untuk memperkecil disparitas,” jelas Johnny dalam acara Meeting of Minds oleh Haritage Amanah Indonesia di Pelataran Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (10/12/19) malam.

Menurut Johnny, Indonesia saat ini telah memiliki lima satelit yang mengorbit di udara, dan akan menambah tiga satelit lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu, Menkominfo menambahkan kalau dunia belum mengetahui bagaimana pencapaian Indonesia berkembang baik di era digital saat ini, Salah satunya, ribuan kilometer Fiber Optik yang mengitari bumi.

“Indonesia memiliki 330.000 Km panjang optikal fiber, ini sama dengan lebih dari delapan kali mengitari bumi,” ucap Johnny.

Tidak hanya fiber optik, pembangunan infrastruktur telekomunikasi lainnya menjadi prioritas pemerintah untuk memastikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Dalam kaitan dengan ini, kita memastikan bahwa pembangunan infrastruktur digital dan telekomunikasi menjangkau rakyat terjatuh, terdepan dan tertinggal,” pungkas Johnny. (Red)


Photo Credit : Menteri Komunkasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (kedua kiri). ANTARA/Galih Pradipta

Tanggapi Artikel