Joe Biden Mulai Lakukan Transisi Pemerintahan AS

"Departemen Pertahanan (Pentagon) menyatakan anggota tim transisi Biden telah menghubungi pejabat di lembaga itu tidak lama setelah Administrator General Services Administration (GSA), Emily Murphy, menetapkan Biden sebagai pemenang yang jelas dan transisi bisa dimulai."

Joe Biden Mulai Lakukan Transisi Pemerintahan AS

Telegraf – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, resmi memulai transisi kekuasaan setelah badan pemerintah federal mengumumkannya sebagai pemenang pemilu 2020. Gedung Putih, Selasa (24/11/2020), juga telah memberikan persetujuan kepada Biden untuk menerima pengarahan harian intelijen yang bersifat rahasia.

Biden mengatakan kepada wartawan dari markas transisinya di Wilmington, Delaware, bahwa dia belum mendapatkan pengarahan intelijen, berupa penilaian komunitas intelijen AS atas ancaman di seluruh dunia, tapi sudah mendapat tawaran. Masih belum jelas kapan Biden akan menerima pengarahan pertama kali selaku presiden terpilih.

Tim penasihat Biden, Senin (23/11/2020) malam, segera menghubungi para pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mempelajari kemungkinan ancaman keamanan nasional yang dihadapi negara itu, serta isu lain yang akan dihadapi Biden ketika dilantik pada 20 Januari 2021.

Departemen Pertahanan (Pentagon) menyatakan anggota tim transisi Biden telah menghubungi pejabat di lembaga itu tidak lama setelah Administrator General Services Administration (GSA), Emily Murphy, menetapkan Biden sebagai pemenang yang jelas dan transisi bisa dimulai. Pengesahan Murphy membuka akses Biden untuk mendapatkan dana transisi, menerima pengarahan keamanan, dan para pejabat transisinya bisa mendapatkan akses ke badan-badan federal.

Salah satu perhatian yang mendesak bagi Biden adalah menahan lonjakan kasus virus corona di AS. Tim Biden ingin mendapatkan informasi tentang jadwal pemerintahan Trump untuk menyetujui tiga vaksin melawan Covid-19 dalam beberapa minggu ke depan dan rencana penyuntikan secara luas kepada warga Amerika yang akan dimulai sebelum akhir tahun 2020 dan diperluas sampai 2021.

Para pejabat kesehatan menyatakan persetujuan vaksin oleh Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) terbukti tidak terlalu menantang dibandingkan tugas pendistribusian vaksin ke seluruh negeri dan menjadwalkan jutaan orang untuk disuntik.

Baca Juga :   Dua Hakim Wanita Makamah Agung Afghanistan Tewas Terbunuh

Jajak pendapat menunjukkan empat dari 10 warga Amerika khawatir untuk mendapatkan vaksin atau menentangnya, sehingga semakin mempersulit pengendalian pandemi. Tim transisi Biden lainnya menghubungi para pejabat di badan-badan pemerintah untuk mencari tahu alasan kebijakan yang tertunda, serta agar lebih memahami pola kepegawaian setelah beberapa departemen mengganti orang-orang yang tampaknya bertentangan dengan pandangan presiden tentang pemerintahan terbatas.

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows telah memberitahu staf di Sayap Barat, Senin malam, bahwa proses transisi secara resmi telah dimulai. Berdasarkan surat elektronik yang dikirim Meadows, dia telah menunjuk penghubung di masing-masing kantor pemerintah yang harus berurusan dengan tim presiden akan datang menurut UU Transisi Presiden 1963.


Photo Credit: Presiden terpilih AS dari Partai Demokrat Joe Biden. REUTERS/Mark Makela

 

Edo W.