Jelang Ramadhan dan Idulfitri Mendag Memastikan HET di Ritel Modern

Jelang Ramadhan dan Idulfitri Mendag Memastikan HET di Ritel Modern

"Kami ingin memastikan tersedianya komoditas gula, minyak goreng, dan daging dengan harga yang sudah disepakati sesuai dengan nota kesepahaman yang diteken antara asosiasi ritel dengan distributor gula, minyak goreng, dan daging"

Jelang Ramadhan dan Idulfitri Mendag Memastikan HET di Ritel Modern

Telegraf, Jakarta – Jelang Ramadhan dan Idul fitri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kunjungi sejumlah ritel modern di kawasan Jakarta Pusat guna memastikan penerapan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas gula, minyak goreng, dan daging, adapun ritel moderen yang di kunjungi adalah Carrefour Duta Merlin, Hypermart Gajah Mada di Gajah Mada Plaza, serta Hero Sarinah.

“Kami ingin memastikan tersedianya komoditas gula, minyak goreng, dan daging dengan harga yang sudah disepakati sesuai dengan nota kesepahaman yang diteken antara asosiasi ritel dengan distributor gula, minyak goreng, dan daging,” tegas Mendag.

Terpantau harga penjualan di ketiga ritel modern tersebut adalah gula Rp12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000/liter, dan daging beku dengan harga maksimal Rp80.000/kg. “Hasilnya sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan,” ujar Mendag.

Ritel modern di era sekarang ini memegang peran penting dalam distribusi barang pokok karena menjadi “price leader” atau rujukan pembentukan harga bagi pasar tradisional dan toko kelontong. Karena itu, lanjut Enggar, jika di ritel modern harga bisa dikendalikan, maka efeknya juga akan sampai ke pasar dan warung. “Dengan adanya pengaturan HET di ritel modern, maka diharapkan dapat membawa dampak penurunan harga di pasaran,” tandasnya.

Enggar mengatakan seluruh pemangku kepentingan di kementrian perdagangan bersiaga penuh untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan barang kebutuhan pokok. Enggar meminta setiap pejabat dari semua unit dikerahkan ke sejumlah daerah, blusukan langsung ke pasar-pasar di sejumlah daerah di Indonesia untuk memantau stok, distribusi, dan harga barang kebutuhan pokok, serta intensif melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah masing-masing. (Red)

Baca Juga :   Milad Ke 7 Jamsyar terus Secure, Survive, Sustain dan Catat Aset 1,9 Triliun

Credit Foto : Istimewa


Atti Kurnia

close