Ilmuwan Nuklir Iran Tewas Dibunuh Agen Israel

Ilmuwan Nuklir Iran Tewas Dibunuh Agen Israel

"Teroris membunuh seorang ilmuwan Iran terkemuka hari ini. Kepengecutan ini - dengan indikasi serius dari peran Israel - menunjukkan penghasutan yang putus asa dari para pelaku,"

Ilmuwan Nuklir Iran Tewas Dibunuh Agen Israel

Telegraf – Ilmuwan nuklir asal Iran dilaporkan tewas dibunuh pada Jumat (27/11/2020) usai mobilnya diserang oleh sejumlah orang.

Kementerian Pertahanan Iran mengatakan, Ilmuwan bernama Mohsen Fakhrizadeh itu terluka parah ketika penyerang menargetkan mobilnya sebelum terlibat baku tembak dengan tim keamanannya.

Fakhrizadeh akhirnya meninggal dalam peristiwa itu. Dan Iran mengklaim bahwa musuh bebuyutan mereka Israel, berada di balik serangan itu.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan ada indikasi serius peran agen Israel dalam pembunuhan ilmuwan itu.

“Teroris membunuh seorang ilmuwan Iran terkemuka hari ini. Kepengecutan ini dengan indikasi serius dari peran Israel menunjukkan penghasutan yang putus asa dari para pelaku,” kata Zarif di Twitternya.

Pembunuhan mereka terhadap Fakhrizadeh adalah yang terbaru dari serangkaian pembunuhan ilmuwan nuklir di Iran dalam beberapa tahun terakhir yang diklaim dilakukan oleh Israel.


Photo Credit: Seorang pengunjuk rasa mengangkat foto ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh. Teheran, 28 November. REUTERS

Aris Maulana

close