DSC SEASON 14: TIGA ANAK BANGSA JAWAB TANTANGAN SOSIAL DENGAN SOLUSI INOVATIF

Oleh : A. Chandra S.
DSC SEASON 14 : TIGA ANAK BANGSA JAWAB TANTANGAN SOSIAL DENGAN SOLUSI INOVATIF

Telegraf – Diplomat Success Challenge (DSC) yang telah konsisten mewadahi entrepreneur Indonesia sejak tahun 2010 kembali menjawab tantangan sosial melalui karya-karya finalisnya dari tahun ke tahun. Sebut saja Troya Academic Platform (TAP) di bidang pendidikan, Wah Gede Banget (WGB) di industri fesyen, dan Denger-iND yang menyasar ke isu kesehatan mental.

Troya Academic Platform (TAP) merupakan Platform perpustakaan online yang telah bekerjasama dengan lebih dari 700 sekolah di Indonesia juga mendorong akses kesetaraan buku guna meningkatkan indeks membaca dalam 5 tahun mendatang serta telah berhasil merambat hingga ke wilayah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

COO TAP, Yodan Tunggal Pranata, menjelaskan bahwa TAP sebagai platform komprehensif yang menggabungkan sistem informasi akademik, perpustakaan online, dan media sosial sekolah.

“TAP bukan sekadar aplikasi, tetapi solusi untuk interaksi dan laporan real-time kepada orang tua mengenai pendidikan anak, serta menjembatani komunikasi antar stakeholder,” kata Yodan dalam keterangan rilis yang diterima Telegraf.co.id, Selasa (7/29).

Tidak hanya di bidang pendidikan, salah satu anak muda Indonesia juga memberikan dampak positif dalam sektor mode dengan menciptakan brand fesyen yang mengatasi kesulitan pribadi. Wah Gede Banget (WGB), brand yang mengkhususkan diri pada pakaian pria berukuran besar.

Menurut Founder WGB, Adam Abdullah, ceruk pasar untuk baju ukuran besar ini juga terbuka sangat lebar.  “WGB menyediakan ukuran besar mulai dari batik, kemeja, jaket, sweater, kaus, celana hingga pakaian olah raga yang dapat dipakai pada acara kasual atau formal,” ujarnya.

Pada pertengahan tahun 2019, WGB masuk sebagai finalis 20 terbaik di ajang Modest Fashion Founders Fund yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia. WGB juga satu-satunya brand plus size pria yang lolos dalam proses seleksi.

Di kesempatan yang sama, CEO dan founder Denger-inD, Dara Zam Chairyah menjawab isu kesehatan mental di Indonesia dengan hadir sebagai layanan konseling kesehatan mental yang dapat diakses dengan mudah dan terjangkau melalui platform aplikasi.

“Layanan konseling Denger-inD sangat terjangkau yaitu Rp30.000 per 1 jam sesi, juga bisa memilih berbagai topik curhat yang ingin dilakukan,”ujar Dara.

Cerita-cerita sukses dan dampak positif ini menjadi bukti konkret bahwa ketiga anak muda yang menjadi alumni Diplomat Success Challenge (DSC) telah berhasil menciptakan solusi inovatif yang mampu menghadapi tantangan sosial di Indonesia. Bahkan tidak hanya menciptakan solusi, tetapi juga menginspirasi perubahan positif di berbagai bidang, dari pendidikan, fesyen, hingga kesehatan mental.

Perlu diketahui, DSC Season 14 mengundang para wirausahawan muda Indonesia untuk siap wujudkan visi bisnis dan #BerkaryaUntukIndonesia. Hingga Agustus 2023, DSC telah menerima hampir 9.000 ide Bisnis karya anak bangsa. Segera daftarkan diri dan ide bisnismu sebelum 16 September 2023. Seluruh syarat & ketentuan, detail dan alur kompetisi, sekaligus platform untuk mendaftarkan diri ke DSC 2023 sudah dapat diakses melalui situs diplomatsukses.

Lainnya Dari Telegraf