Diaspora Cenderung Pilih Ganjar-Mahfud: Indikator Pemillih Cerdas

Oleh : Didik Fitrianto

Telegraf – Pemilihan Presiden di luar negeri berlangsung lebih awal ketimbang dalam negeri. WNI yang memberikan suara di sejumlah negara cenderung lebih memilih pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD ketimbang dua pasangan lain. Hal ini nampak dalam hasil-hasil exit poll seperti di Australia, Hongkong, Jerman, Amerika Serikat dan sebagainya.

Di sejumlah negara pasangan Ganjar-Mahfud mendapat suara lebih dari 50%, seperti di Amerika Serikat, Australia, juga Hongkong. Hal ini bukan gejala baru, setidaknya dalam dua kali pemilihan presiden sebelumnya sudah terjadi. Sama seperti sekarang hasil exit poll di luarnegeri memang tak resmi karena tidak dlakukan oleh KPU.

Saat dimintai berkomentar atas fenomena itu, Wakil Ketua TPN, Rambun Tjajo, hanya berkomentar pendek. Menurut dia, hasil Exit Poll yang dimaksud, memberikan gambaran awal pada hasil Pilpres secara keseluruhan, karena bagaimanapun suara warga di LN sangat terkait dengan apa yang ada di dalam negeri.

“ Mudah-mudahan inilah yang akan menjadi kenyataan di esok hari, pasangan Ganjar – Mahmud menang,” katanya, Selasa (13/02/2024).

Warga Indonesia di luar negeri cenderung cerdas dalam berpolitik. Mereka terbiiasa menganalisa dan memperhatikan kepatuhan hukum. Setiap hari di perantauannya mereka melihat praktik hukum yang adil.

Dengan demikian mereka rasional dalam mempertimbangkan dan memilih pemimpin. Catatan kinerja para calon presiden amat diperhatikan. Mereka pun menghendaki Indonesia seperti negara maju yang taat hukum, tertib, disiplin dan teratur.

 

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close