Dewa, Jangan Anggap Masalah ini Kecil. Aliansi Ormas dan LSM Ontrog PT. Tsuzuki

Dewa, Jangan Anggap Masalah ini Kecil. Aliansi Ormas dan LSM Ontrog PT. Tsuzuki

Telegraf. Karawang – Aksi pedemo yang tergabung dalam Aliansi Ormas dan LSM Karawang ontrog PT. Tsuzuki Indonesia Manufacturing di kawasan KIIC. Aksi ini menuntut pihak perusahaan berlaku adil terhadap warga pribumi.

Ketua GMBI Distrik Karawang, M. Sayegi Dewa, mengungkapkan, PT. Tsuzuki Indonesia Manufacturing jangan menganggap masalah ini kecil. Dia khawatir adanya diskriminasi terhadap pribumi, bisa memancing gejolak yang lebih besar.

“Kami siap mengikuti aturan, Jika belum ada keputusan hari ini, kami akan menggerakkan masa aksi yang lebih besar,” katanya.

Sementara itu. LBH GMBI Karawang Dadi Mulyadi menyampaikan tuntutan mereka menggelar aksi demo. Menurut Dadi, aksi ini untuk menuntut pihak perusahaan berlaku adil terhadap warga pribumi. Masalah saat ini, kata Dadi, warga dan pengusaha pribumi tidak diberdayakan oleh perusahaan.

“Kami ingin sejajar dengan yang lain. Saat ini banyak pengusaha lokal hanya sebatas jadi penonton. Kekuatan oligarki, persoalan limbah didominasi oleh konglemerasi sehingga menghalangi pengusaha lokal,” bebernya.

Massa mendesak perusahaan untuk melibatkan pengusaha lokal bisa ikut dilibatkan dalam pengelolaan di bidang usaha lain. Kedepan, menurut Dadi, pemerintah dan perusahaan yang berinvestasi di Karawang harus memperhatikan nilai-nilai adat dan budaya lokal.

Sementara, pihak perusahaan belum bisa menyepakati dengan tuntutan pendemo. Mereka akan membahas masalah tersebut di tingkat management dan meminta waktu selama satu minggu kedepan. (red)

Share



Komentar Anda