Bupati Pemalang dan Beberapa Jajaran Positif Covid-19, Ganjar Disposisikan Tugas

"Sudah saya komunikasikan, pertama soal kesehatan. Pak bupati bilang sehat, bergas. Beliau izin pemerintahan diserahkan pada wakil dan saya setujui,"

Bupati Pemalang dan Beberapa Jajaran Positif Covid-19, Ganjar Disposisikan Tugas

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Pemalang tetap berjalan. Meskipun baru-baru ini, Bupati Pemalang Junaidi beserta istri dan sejumlah pejabat di pemkab Pemalang termasuk Sekda dinyatakan positif Covid-19.

Ganjar mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Bupati Pemalang terkait hal itu. Dalam koordinasi itu, Bupati Pemalang mengatakan bahwa roda pemerintahan saat ini sementara diserahkan kepada wakil bupati.

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah bertambah enam orang. Tiga di antaranya merupakan pejabat yang pernah berkontak erat dengan Bupati Pemalang Junaedi.

“Sudah saya komunikasikan, pertama soal kesehatan. Pak bupati bilang sehat, bergas. Beliau izin pemerintahan diserahkan pada wakil dan saya setujui,” kata Ganjar, pada Rabu (22/07/20).

Vonis positif Covid-19 Bupati Pemalang dan juga jajarannya tersebut diumumkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo dalam konferensi pers di Posko BPBD setempat, Kamis malam (23/07) lalu.

“Update berdasarkan pemeriksaan lab, ada penambahan enam orang terkonfirmasi (positif). Enam orang ini mempunyai mobilitas yang tinggi dan terpapar Covid-19,” katanya.

Berdasarkan keterangan Tutuko, tiga pejabat yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab yakni Kepala Satpol PP Pemalang Wahyu Sukarno Adiprayitno (50), serta dua anggota DPRD Pemalang yaitu Nurhidayati (54) dan Ujianti Mugo Raharjo (59). Kemudian seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Sosial Pemalang berinisial BPW (37) juga terkonfirmasi positif.

“Keempat orang ini memiliki mobilitas yang cukup tinggi dalam aktivitasnya dan memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya,” katanya.

Adapun dua orang lainnya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19 adalah warga biasa. Mereka yakni T (51) warga Kecamatan Bodeh dan US (41) warga Kecamatan Pemalang. “Keenam orang tersebut ada yang menjalani isolasi mandiri, ada juga yang dirawat di rumah sakit, ” ucapnya.

Baca Juga :   Ganjar Siapkan Aturan Denda Bagi ASN Yang Langgar Protokol Kesehatan

Dengan penambahan enam orang tersebut, kasus Covid-19 di Kabupaten total sudah menjadi 83 orang. Rinciannya, 40 orang dirawat, 40 orang sembuh dan tiga orang meninggal.

Sebelumnya, Junaedi, Sekretaris Daerah Pemalang Muhammad Arifin, dan kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Derah Pemalang Bejo Suwarno lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (21/07). Selain itu istri Junaedi, Irna Setyawati yang diketahui merupakan anggota DPRD Jateng juga dinyatakan positif pada hari yang sama.

Menyusul munculnya kasus tersebut, Gugus Tugas Covid-19 langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan keempat pejabat publik itu untuk dilakukan rapid test dan tes swab. Dalam dua hari terakhir, tercatat sudah hampir1.000 orang yang dilakukan rapid test dan 190 orang yang dilakukan tes swab.


Photo Credit: Bupati Pemalang, Junaedi. FILE/DOK/Ist. Photo