Badai Pandemi Paksa Ford Hentikan Produksi Bronco dan Ranger

Badai Pandemi Paksa Ford Hentikan Produksi Bronco dan Ranger

Badai Pandemi Paksa Ford Hentikan Produksi Bronco dan Ranger

Telegraf – Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford, mengatakan akan menghentikan produksinya selama dua pekan.

Tindakan itu akan berdampak pada SUV (Sport Utility Vehicle) Bronco, seperti dikutip dari Carscoops, Jumat (7/5/2021). Ford mengungkapkan mereka akan memperpanjang penghentian produksi mulai 17 Mei di pabrik perakitan Michigan, AS. Fasilitas ini memproduksi pikap Ranger dan SUV Bronco, yang seharusnya mencapai produksi penuh pada musim panas ini.

Kendati terdapat pemangkasan produksi, Ford berjanji SUV Broncos pertama akan mencapai diler pada musim panas ini. Dan, ini bukan pertama kalinya produksi SUV Bronco ditunda karena produsen mobil sebelumnya terpaksa menunda peluncuran musim semi akibat masalah rantai pasokan yang dipicu pandemi virus corona (Covid-19).

Ford mengakui kekurangan pasokan chip semikonduktor akan terus berdampak sepanjang tahun. Faktanya, produsen mobil itu diperkirakan akan kehilangan sekitar 50 persen dari produksi kuartal kedua seperti yang direncanakan, yakni naik 17 persen pada kuartal pertama, karena kekurangan chip semikonduktor tersebut.

Kepala eksekutif Ford Jim Farley baru-baru ini mengatakan perusahaan memperkirakan akan kehilangan US$2,5 miliar pendapatan pada 2021.


 

Didik Fitrianto

close