Apa Saja Manfaat Kopi Bagi Urusan Rumah? Ini Rangkumannya

"Mulailah dengan membasuh furnitur kayu dengan ampas kopi yang masih hangat, lalu gunakan kain atau spons untuk meratakan ampas kopi tersebut. Diamkan selama 15 menit hingga dingin dan mengering."

Apa Saja Manfaat Kopi Bagi Urusan Rumah? Ini Rangkumannya

Telegraf, Jakarta – Kopi tak hanya bermanfaat untuk diminum dan untuk kesehatan saja. Ternyata, minuman yang identik dengan kafein dan dapat menahan rasa ngantuk ini juga memiliki banyak manfaat untuk urusan rumah. Ampas kopi yang biasanya langsung dibuang bahkan memiliki banyak manfaat untuk urusan rumah.

Lalu apa saja manfaat kopi untuk urusan rumah? Berikut telah dirangkum enam manfaat kopi yang biasa anda nikmati setiap harinya.

Pengharum ruangan

Selain untuk diminum, biji kopi maupun bubuk kopi juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan pada rumah Anda. Aroma kopi membantu menghilangkan bau yang tidak sedap. Selain itu, keharumannya juga dapat memberikan efek relaksasi sehingga membuat Anda merasa lebih tenang saat menghirupnya di rumah. Anda dapat membuat pengharum ruangan kopi ini dengan membungkus biji kopi atau bubuk kopi di dalam kain yang berjaring tipis, kemudian gantungkan pada setiap sudut ruangan di rumah Anda.

Mengusir serangga

Kopi merupakan minuman yang enak bagi beberapa orang dan dapat dinikmati oleh manusia, tapi kopi merupakan racun bagi serangga. Serangga yang sering kita temui seperti lalat, nyamuk, dan kumbang sangat takut dengan kopi karena mereka menganggap bahwa kopi adalah racun bagi mereka. Untuk mengusir serangga di rumah Anda, Anda dapat menaburkan ampas kopi yang sudah mengering di bagian sudut ruangan. Ampas juga bisa Anda taburkan pada tempat sirkulasi udara dimana serangga sering masuk melaluinya.

Mengkilapkan kembali furnitur kayu

Furnitur yang terbuat dari kayu lama kelamaan dapat menjadi kusam. Anda dapat memanfaatkan kopi yang ada di rumah Anda untuk mengkilapkan kembali furnitur kayu tersebut. Mulailah dengan membasuh furnitur kayu dengan ampas kopi yang masih hangat, lalu gunakan kain atau spons untuk meratakan ampas kopi tersebut. Diamkan selama 15 menit hingga dingin dan mengering.

Membersihkan noda kotor

Apakah Anda sering merasa kesal karena permukaan barang-barang di rumah Anda terkena noda dan menjadi kotor? Tidak perlu khawatir, karena Anda dapat membersihkannya dengan bubuk kopi. Selain untuk membersihkan, bubuk kopi juga dapat melindungi barang-barang di rumah Anda terhindar dari kuman atau bakteri.

Anda hanya perlu menaburkan sedikit bubuk kopi pada bagian yang ingin dibersihkan, kemudian gosok dengan sikat hingga noda menghilang. Setelah itu, bilas dengan air atau basuh menggunakan kain bersih yang sudah direndam air, kemudian diamkan hingga kering.

Membersihkan wajan yang kotor

Bagi Anda yang suka memasak, mungkin Anda sering melihat kotoran hitam yang mengeras pada permukaan wajan. Biasanya, hal ini dikarenakan wajan sering terkena panas di atas kompor sehingga sulit dibersihkan saat dicuci menggunakan sabun.

Namun, kotoran tersebut dapat hilang jika dibersihkan menggunakan ampas kopi. Tuang ampas kopi ke permukaan wajan, kemudian gosok menggunakan spons hingga permukaan wajan menjadi mulus kembali. Setelah itu, bilas dengan air dan cuci kembali dengan sabun pencuci piring.

Sebagai pupuk tanaman

Ampas kopi bisa sangat bermanfaat bagi Anda pencinta tanaman karena ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman Anda. Ampas kopi yang dicampur dengan tanah yang baik dapat menambah nutrisi untuk tanaman. Anda hanya perlu menuangkan ampas kopi secara merata ke permukaan tanah pada tanaman Anda, kemudian timbun ampas kopi tersebut dengan tanah untuk menutup ampas kopi.

Bagaimana, sekarang Anda sudah tahu kan bahwa kopi memiliki banyak sekali manfaat, bahkan juga bermanfaat untuk urusan rumah? Selamat mencoba. (Red)


Photo Credit : Seorang pekerja menunjukkan biji kopi arabika mentah siap diolah di pabrik Kopi Aroma, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/2). Kementerian Perindustrian menargetkan untuk menaikkan konsumsi kopi di Indonesia periode 2014-2015 menjadi 1,3 Kg/kapita pertahun yang sebelumnya hanya 1,1 kg/kapita pertahun padahal Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke tiga dunia. ANTARA/Novrian Arbi

Tanggapi Artikel