Anda Kolektor Sepatu Kulit, Ini Cara dan Tips Untuk Merawatnya

Tanggal:


Telegraf – Merawat sepatu kulit sama pentingnya dengan memilikinya. Karena dengan menjaga kualitas sepatu kulit melalui perawatan, anda bisa tetap maksimal dalam berpenampilan.

Dan untuk melakukannya, ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan agar anda bisa menjaga kualitas sepatu kulit. Berikut beberapa diantaranya:

Hindari Menyimpan dan Menggunakan Sepatu di Tempat yang Rentan Kena Air

Untuk merawat sepatu kulit, ingatlah bahwa air merupakan musuh yang dapat merusak sepatu kulit. Sering terkena air dapat memberi kerusakan untuk sepatu kulit untuk jangka panjangnya. Bila memang sudah terkena air, keringkan menggunakan lap lembut yang memiliki daya serap tinggi. Jauhkan sepatu dari sinar matahari yang memang dapat mempercepat proses kering, tapi justru akan dapat merusak sepatu.

Bila Kotor, Segera Bersihkan

Jika hal ini terjadi, langsung lakukan upaya pembersihan. Karena penyebab seperti lumpur dan kotoran jenis lainnya dapat meninggalkan kerusakan yang permanen, seperti kusam dan lusuh. Dan untuk mengembalikan ke kondisi semula tergolong sulit untuk dilakukan.

Bersihkan Noda Dengan Bahan Khusus

Ada noda yang menjengkelkan, jangan asal menggunakan sabun atau bahan tertentu. Gunakan pembersih yang memang khusus untuk merawat sepatu kulit. Dan gunakan bahan lembut seperti kapas untuk menggunakannya, lalu dilanjutkan dengan lap lembut untuk proses pengeringan.

Gunakan Lotion Untuk Menjaga Kelembutan Kulit Sepatu

Sama seperti anda, sepatu kulit juga membutuhkan lotion untuk menjaga kelembabannya. Gunakan secukupnya lalu diamkan selama sejam, setelah itu bersihkan dengan kain lembut dan halus.

Hentikan Berikan Pewangi

Tidak sedikit pengguna sepatu biasa maupun kulit, berharap bahwa dengan menggunakan pewangi yang disemprotkan kedalam sepatu akan memberikan efek yang menyenangkan. Tapi hal ini bisa menjadi hal yang buruk. Keringat dari kaki anda akan bercampur dengan pewangi, bisa dipastikan akan memiliki aroma tidak menyenangkan yang bisa mengganggu.

Simpan Sepatu di Tempat yang Kering

Jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, simpan sepatu kulit anda di tempat yang kering. Karena udah yang lembab dan cenderung basah, sepatu kulit favorit anda rentan menjadi makanan jamur dan parasit.

Upaya tambahan yang juga bisa anda lakukan yakni menggunakan silicon gel untuk memastikan suhu didalam tempat penyimpanan sepatu ideal.


Oxford Shoes. Getty Images

 

Adarory

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya
Telegraf

Kemampuan Digital Harus Beradaptasi Dengan Pemanfaatannya

Telegraf - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dewan...

Jokowi dan Ganjar Pranowo Takziah ke Kediaman Buya Syafii

Telegraf - Kabar duka menyelimuti tanah air. Cendekiawan muslim...

Sosok Panutan Itu Telah Pergi, Buya Syafii Wafat Hari Ini

Telegraf - Umat Islam bahkan bangsa Indonesia kehilangan sosok...

PLN Buka Program Tambah Daya, Bisa Lewat Aplikasi

Telegraf - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat memanfaatkan program...