Akhirnya China Ucapankan Selamat Pada Biden

Akhirnya China Ucapankan Selamat Pada Biden

"Xi menekankan bahwa stabilitas hubungan China-AS tidak hanya sesuai dengan kepentingan mendasar dari kedua negara, tetapi juga harapan umum dari masyarakat internasional."

Akhirnya China Ucapankan Selamat Pada Biden


Telegraf – Setelah berminggu-minggu berlalu, Presiden China Xi Jinping akhirnya menelepon Presiden terpilih AS Joe Biden pada hari Rabu (24/11/2020) untuk memberi selamat atas kemenangan Biden dalam Pilpres AS.

Melansir Xinhua, dalam pesan ucapan selamatnya pada Biden, Xi menekankan bahwa stabilitas hubungan China-AS tidak hanya sesuai dengan kepentingan mendasar dari kedua negara, tetapi juga harapan umum dari masyarakat internasional.

Xi berharap Biden akan menjunjung semangat non-konflik, non-konfrontasi, saling menghormati dan kerja sama ‘win-win’, mengelola perbedaan dan mempromosikan hubungan Sino-AS yang sehat dan stabil.

Pemimpin China itu juga mendesak kerja sama dengan negara lain dan komunitas internasional untuk memajukan tujuan mulia perdamaian dan pembangunan dunia.

Ucapannya pada hari Rabu, menandai Xi yang telah bergabung dengan sebagian besar pemimpin dunia lainnya dalam mengakui kemenangan elektoral Joe Biden.

Hingga kini, yang masih belum mengakui Biden sebagai presiden terpilih adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Brasil Jair Bolsonaro dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador , yang semuanya secara terbuka menyatakan dukungan dan preferensi mereka untuk Trump.


Photo Credit: Xi Jinping dan Joe Biden. REUTERS/Larry Downing

Fajri Setiawan

close