35 BUMN Bersinergi, Hasilkan Listrik Gratis

35 BUMN Bersinergi, Hasilkan Listrik Gratis

"Program ini merupakan program nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah jawa Barat sendiri tercatat sudah tersambung 105.000 rumah, dari target 235.000 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap."

35 BUMN Bersinergi, Hasilkan Listrik Gratis


Telegraf, Bekasi – Mendampingi Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Rini Soemarno, blusukan hingga Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/01/19). Dalam kesempatan itu, Menteri Rini Soemarno bersama Presiden RI Joko Widodo menyempatkan waktu berdialog dengan Ibu-Ibu nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) besutan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dan keluarga penerima bantuan sambung listrik gratis hasil sinergi PLN dan 35 BUMN lainnya.

Rini memberi motivasi dan dorongan bagi para nasabah Mekaar agar bisa menjalankan usaha dengan penuh kejujuran, disiplin dan kerja keras. Sehingga, usaha dapat berjalan lancar, serta meningkatkan perekonomian keluarga mereka.

“Tujuan utama program ini bagaimana mendorong pemberdayaan ibu-ibu dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” ujar Rini

Rini pun berjanji akan senantiasa mendorong nasabah Mekaar agar bisa naik kelas. Dari semula menerima bantuan modal usaha ultra mikro, ke depan diharapkan bisa naik kelas menjadi penerima bantuan permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dimana nantinya nasabah Mekaar yang telah dinyatakan lolos dalam proses pembinaan yang dilakukan PNM dan telah mempunyai kapasitas naik kelas maka akan mendapatkan fasilitas KUR Mikro dari perbankan Negara. Dengan begitu, program ini bisa berjalan secar berkelanjutan dan usaha nasabah pun bisa berkembang menjadi lebih besar lagi.

”Saya terus mendorong dan memastikan PNM untuk melakukan pembinaan nasabah sehingga usaha mereka bisa naik kelas. PNM juga bersinergi dengan BUMN lainnya dalam menyalurkan pendanaan usaha dan di saat yang sama nasabah juga dibina untuk terus meningkatkan usahanya,” ungkap Rini.

Sebagai informasi, hingga saat ini jumlah nasabah Mekaar telah mencapai lebih dari 4,1 juta nasabah. Khusus di Kabupaten Bekasi, nasabah Mekaar berjumlah 39.148 orang yang ditunjang dengan 15 kantor cabang. Sedangkan khusus di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, jumlah nasabah sebanyak 616 orang.

Sambung Listrik Gratis

Pada hari ini (30/01/19), sinergi BUMN telah melakukan penyambungan listrik gratis sebanyak 309 rumah untuk keluarga yang tidak mampu di Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100%. Hanya saja, PLN mencatat masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listrik dari rumah tetangga (nyantol/levering) lantara mereka tidak mampu menanggung biaya penyambungan dan instalasi listrik sebesar Rp1 juta.

Program ini merupakan program nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah jawa Barat sendiri tercatat sudah tersambung 105.000 rumah, dari target 235.000 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

“Kenyataannya memang masih ada warga yang berlistrik tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik (levering). Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN. Ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih murah, dan bisa lebih menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya,” tegas Rini. (Red)


Photo Credit : Presiden Nyalakan Listrik Gratis untuk Keluarga Tidak Mampu. FILE/Dok/Ist. Photo

 

KBI Telegraf

close