Upaya Tingkatkan Perekonomian Sektor Pariwisata

Tanggal:


Telegraf – Informasi sebelumnya melalui pemberitaan massa, pada sitausi pandemi covid-19 melanda dibeberapa negara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa langkah pemerintah Indonesia disektor pariwisata dijadikan sebagai acuan skala dunia dalam langkah penanganan pandemi covid-19.

Hal demikian, terobosan kebijakan Menparekraf, Indonesia dinilai merupakan salah satu negara dengan stabilitas perekonomian dengan membangun pesona Indonesia pada forum internasional, meskipun saat ini ditermpa dengan situasi dilema dalam menjalankan roda perekonomian.

Forum teraebut diadakan oleh United Nations General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat. Apresiasi dari dalam negeri pun bermunculan dan menyampaikan kebanggaan. Kendati demikian, Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Andi Yuwono mengapresiasi apa yang dilakukan Menparekraf Sandiaga Uno.

Ia menyampaikan, dalam keterangan pesan yang beredar,  menyampaikan pengalamannya sebagai Ketua Umum ASIDEWI yang menyebut langkah Sandiaga Uno dalam memajukan sektor pariwisata di masa pandemi sebagai langkah nyata yang terbukti dirasakan berdampak positif bagi sektor parowisata.

Lebih lanjut, Andi menyampaikan apresiasi untuk Mas Menteri Uno yang mampu menciptakan rasa kebanggaan buat insan pariwisata, khususnya dari pelaku wisata di desa-desa wisata.

Dengan diundangnya Sandiaga berbicara di forum dunia merupakan kebanggaan yang membuat insan pariwisata lebih bersemangat untuk memajukan pariwisata nasional khususnya dari desa. Selain itu Andi sampaikan kalau kinerja dan gerak cepatnya Sandiaga dalam melakukan pemulihan sektor pariwisata memang sebuah kinerja yang kongkrit dan terasa.

“Salah satu bukti kongkrit untuk kebangkitan pariwisata Indonesia yaitu dengan di gelarnya Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI ) mulai 2021 dan berlanjut di 2022 shingga desa wisata bisa berbenah dan berkompetisi secara dinamis untuk menjadi destinasi berbasis masyarakat yang menjadi primadona pilihan dan tujuan wisatawan ” ujarnya.

Langkah Strategik Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

Di tempat terpisah, analis senior Pusat Studi Politik dan Kebijakan Strategis Indonesia (POLKASI) Janu Wijayanto menyebut langkah Sandiaga Uno itu sebagai langkah stratejik yang cerdas.

Baca Juga :   Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi: Stop Beli Produk Impor

Dengan berbicara di forum dunia dan diapreasi positif kinerjanya oleh internasional (international wide) di sektor pariwisata yang menjadi tanggung jawabnya itu akan menimbulkan efek persepsi positif bahwa Sandiaga lebih matang dan memiliki kapasitas secara politik.

“Saya tidak pakai survey-survey an ya, ini murni analitikal, langkah Sandiaga Uno ini langkah stratejik yang cerdas. Langkahnya paham banget situasi yang dibutuhkan, dengan pendekatan semacam¬† resonansi, ini kan kayak dia pukul bende atau gong di general assembly lalu bunyi gaungnya bertalu-talu di dalam negeri. Langkah semacam ini berpotensi menciptakan duplikasi efek positif yang akan terus diresonansi. Jadi wajarlah kalau bermunculan apresiasi”, menurut Janu.

Lebih lanjut Janu menyampaikan, peta konfigurasi kalau dibawa ke ranah politik praktis Sandiaga Uno juga sedang menerapkan politik santun.

“Ya sebenarnya publik di Indonesia kan tahu tokoh yang lain bahkan sudah bersafari politik, Sandiaga lebih santun. Dia bangun persepsi positif dengan langkah nyata. Kalau bicara fakta yang paling siap kan ada 4 tokoh nasional yang bertarung pemilu sebelumnya dan masih potensial berlaga lagi, pertama Pak Jokowi dan Kyai Makruf kedua Pak Prabowo Soebijanto dan Pak Sandiaga Uno. Empat tokoh ini jelas sudah teruji dalam kontestasi elektoral, bukan lagi coba-coba, wajarlah jika Sandiaga Uno langkahnya lebih tenang, strategis dan santun”, pungkasnya.

Aji Cahyono

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya
Telegraf

Kemampuan Digital Harus Beradaptasi Dengan Pemanfaatannya

Telegraf - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dewan...

Jokowi dan Ganjar Pranowo Takziah ke Kediaman Buya Syafii

Telegraf - Kabar duka menyelimuti tanah air. Cendekiawan muslim...

Sosok Panutan Itu Telah Pergi, Buya Syafii Wafat Hari Ini

Telegraf - Umat Islam bahkan bangsa Indonesia kehilangan sosok...

PLN Buka Program Tambah Daya, Bisa Lewat Aplikasi

Telegraf - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat memanfaatkan program...