Sumarsono Inginkan Pilkada DKI Menggembirakan

Sumarsono Inginkan Pilkada DKI Menggembirakan

Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengimbau masyarakat juga ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban umum dengan tidak turun ke jalan dan menyelenggarakan aksi-aksi yang mengarah kepada kegiatan kampanye. Hal ini agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan nyaman.

Sumarsono Inginkan Pilkada DKI Menggembirakan


Jakarta, Telegraf,- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono hari ini menggelar pertemuan dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumarno, Ketua Bawaslu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moch Iriawan, Pangdam Jaya Mayjen Teddy Laksmana untuk mematangkan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 agar berlangsung dalam suasana aman, damai dan sukses.

Dalam paparannya Sumarsono yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini mengimbau agar hari pemilihan cagub dan cawagub yang semakin dekat dapat berlangsung lancar dan di hari H pemungutan suara berjalan aman.

“Kita semuanya yakin menginginkan pilkada serentak di Jakarta 15 Februari nanti akan berlangsung aman, damai, dan sukses. Yang kedua kita ingin pilkada berlangsung menggembirakan, tidak mencekam atau tidak mengkhawatirkan” kata Sumarsono di kantor KPU DKI, Jl Salemba Raya, Selasa (7/2/2017).

Karena itulah, lanjut Sumarsono, maka masa minggu tenang, 12-14 Februari hingga hari H nanti betul-betul suasananya dapat tenang dan kondusif. Dia juga mengapresiasi Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya yang siap mengawal pengamanan Pilkada.

“Karena itulah jajaran Kapolda dan di bawahnya dan juga didukung oleh Pangdam dan jajarannya siap mengamankan Pilkada dan memberikan suasana yang kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada,” ujar Sumarsono.

Dia turut mengimbau masyarakat juga ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban umum dengan tidak turun ke jalan dan menyelenggarakan aksi-aksi yang mengarah kepada kegiatan kampanye. Hal ini agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan nyaman.

“Terakhir, Saudara sekalian, mari kita sukseskan Pilkada serentak yang berlangsung aman, damai, dan sukses itu jargonnya. Warga yang punya hak pilih kami imbau untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan haknya,” tutupnya.

Pilkada DKI Jakarta akan digelar 15 Januari 2017. Selayaknya sebuah pesta, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta harus dibuat menggembirakan untuk menyambut warga yang akan mencoblos, salah satunya dengan pertunjukan musik.

Soni sapaan akrab Plt Gubernur DKI Sumarsono berpesan agar panitia pemungutan suara membuat para pemilih senyum saat datang ke TPS. Untuk itu ia meminta agar tempat pemungutan suara (TPS) pun dipersiapkan supaya lebih ceria. Salah satunya dengan menyediakan musik di awal pembukaan. Jika tidak ada penyanyi dan grup musik minimal memutar musik.

”Pilkada serentak ini kami bikin pilkada yang menggembirakan. Sebelum acara pembukaan boleh diadakan musik pakai musik, pakai biola, boleh,” kata Soni.

Hal ini, ujar Soni, agar memastikan warga senang dan bisa ikut merayakan pilkada. “Pesta demokrasi harus menggembirakan.”

Soni juga bercerita ketika ia mengikuti simulasi Pilkada di Taman Suropati. Ia menyarankan wali kota Jakarta Pusat untuk membuka TPS dengan pertunjukan biola selama 15 menit. “Saya bilang ke wali kota Jakarta Pusat buatlah jadi TPS yang menggembirakan. Buatlah pembukaan biola 15 menit,” cerita Soni.

Musik dihadirkan di TPS untuk memberi kesan bahagia sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. “Kalau diisi dengan musik, otak kanan dan kiri berkembang maka tidak terjadi perbuatan yang tidak diinginkan,” ujar pria yang akrab disapa Soni ini.

Ada tiga parameter yang dinilai dalam penyelenggaraan pilkada ini. Pertama, tingkat partisipasinya yang dinilai oleh KPU. “Tingkat pelanggaran dari Panwaslu dan tingkat kegembiraan itu dari wali kota,” kata dia.

Pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017. Tiga pasangan calon akan ikut bersaing dalam pilkada ini, termasuk pasangan calon gubernur inkumben Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. (tim)

Sumber foto: Antara


Edo W.

close