Soni Sukses Wujudkan Ikon Betawi Sebagai Roh Budaya Jakarta

Soni Sukses Wujudkan Ikon Betawi Sebagai Roh Budaya Jakarta

"Ini untuk pengembangan ekonomi kreatif. Karena di Jakarta kita buat berbasis Budaya Betawi,"

Soni Sukses Wujudkan Ikon Betawi Sebagai Roh Budaya Jakarta

Jakarta, Telegraf,- Jelang mengakhiri masa jabatannya sebagai Pelaksana Tugas (Plt), Sumarsono kembali memberikan kado manis buat kota Jakarta dan masyarakat Betawi. Dirjen Otonomi Daerah ini meresmikan karya monumental sebelum meninggalkan Jakarta yakni meluncurkan Ikon Betawi sebagai identitas Kota Jakarta.

Delapan iikon Budaya Betawi tersebut diresmikan dan diluncurkan Soni dan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Minggu (5/2/2017). Ikon Betawi ini akan menjadi kebanggaan identitas kota Jakarta

Kedelapan ikon Betawi yang diluncurkan tersebut yakni Ondel – Ondel, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Balang, dan Baju Sadariah. Kemudian Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telor dan Bir Pletok.

Penetapan Ikon ini untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2015 Tentang Pelestarian Budaya Betawi yang diatur dalam Pergub No. 229 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi yang diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No 11 Tahun 2017 mengenai Ikon Betawi.

Sumarsono mengatakan, Budaya Betawi saat ini digunakan sebagai basis pengembangan ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Salah satunya, dengan membangun Betawi Store di kawasan Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat.

“Ini untuk pengembangan ekonomi kreatif. Karena di Jakarta kita buat berbasis Budaya Betawi,” ujarnya, usai meluncurkan ikon Betawi di Balai Kota DKI, Minggu (5/2).

Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi Zainudin menambahkan, nantinya di Betawi Store akan dilengkapi dengan ornamen Gigi Balang. Di lokasi itu juga akan dijual berbagai model miniatur kebudayaan, suvenir dan makanan khas Betawi.

“Sehingga pengunjung dari dalam dan luar negeri bisa datang dan melihat langsung Kebudayaan Betawi dalam satu tempat,” katanya.

Untuk pengembangan ke depannya, lanjut Zainudin, produk khas Betawi itu akan dipasarkan secara online dan menggunakan media sosial. Secara bertahap Betawi Store akan dibangun di seluruh wilayah kota yang ada di Jakarta.

Meski hanya menjabat hingga Februari 2017, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono ingin menciptakan nuansa Betawi yang kental di Jakarta. Karena memang di era kepemimpinan Soni pula budaya Betawi mendapatkan tempat tersendiri dalam mewarnai identitas kota Jakarta. Oleh karena itu warga Betawi sangat berterima kasih atas kegigihan Sumarsono mengangkat budaya Betawi sebagai ikon Jakarta.

Sebab, kata Soni, Betawi merupakan fondasi masyarakat Jakarta. Namun, tidak ada rasa Betawi ketika masyarakat berkunjung di Jakarta.

Nantinya semua ornamen bangunan atau suvenir di Jakarta berbentuk atau memuat ikon Betawi tersebut.

Sumarsono akan mewajibkan semua bangunan publik, seperti kantor kelurahan, memiliki ornamen dengan ikon Betawi. (Edi Winarto)

Edo W.

close