Rayakan HUT ke-33 Senam Tera Indonesia Bersama Presiden

Senam Tera Indonesia terlahir 33 tahun yang lalu, tepatnya 12 November 1985. Adapun tema kegiatan kali ini adalah "Membangun masyarakat sehat, bugar, tetap produktif yang peduli budaya dan lingkungan hidup"

Rayakan HUT ke-33 Senam Tera Indonesia Bersama Presiden


Telegraf, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti senam pagi bersama pada Hari Ulang Tahun ke-33 Senam Tera Indonesia. Acara ini dipusatkan di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/12/2018).

Tiba pukul 07.10 WIB, kedatangan Presiden disambut oleh Ketua Umum Pengurus Senam Tera Indonesia Nono Sampono. Suasana di lapangan yang telah dipadati ribuan peserta pun menjadi semakin riuh. Ketika menuju area senam, Presiden berjalan di antara peserta senam yang kompak berpakaian warna merah-putih. Tak sedikit peserta yang bersalaman dan berswafoto dengan Kepala Negara.

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengaku senang dan bangga bisa hadir untuk membuka dan ikut senam di acara ini. “Saya sangat bangga, saya sangat senang sekali, semuanya yang hadir di sini sangat gembira, sangat ceria, dan semuanya saya lihat sehat-sehat semuanya,” ujar Presiden yang disambut riuh para peserta.

Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa senangnya melihat para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Saat berjalan menuju area senam, beberapa peserta menyampaikan kepada Presiden bahwa mereka berasal dari Blitar, Garut, Bogor, Malang, Wonosobo, hingga Solo. “Iya dari semua kota, kabupaten, berada di sini semua pada pagi hari ini. Saya tidak mungkin sebut satu per satu, enggak akan rampung. Yang paling penting satu, kita sehat semuanya,” ungkapnya.

Di penghujung sambutannya, Presiden mengucapkan selamat melakukan Senam Tera kepada para peserta. Secara simbolis, ia kemudian melepaskan balon berwarna merah dan putih ke udara. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Senam Tera bersama pada pagi hari ini saya nyatakan dimulai,” ucap Presiden.

Ketua Umum Pengurus Senam Tera Indonesia Nono Sampono dalam sambutannya mengatakan Senam Tera Indonesia terlahir 33 tahun yang lalu, tepatnya 12 November 1985. Adapun tema kegiatan kali ini adalah “Membangun masyarakat sehat, bugar, tetap produktif yang peduli budaya dan lingkungan hidup”.

Senam Tera terdiri dari gerakan peregangan, gerakan persendian, dan gerakan pernapasan. “Gerakannya sederhana, tidak terlalu cepat oleh karena itu masih cocok untuk yang berusia lanjut,” kata Nono Sampono.

Presiden bersama-sama anggota Senam Tera Indonesia kemudian ikut serta melakukan seluruh gerakan dalam senam tersebut sekira 12 menit. (sh)


Photo Credit : Presiden Jokowi mengikuti senam pagi bersama pada Hari Ulang Tahun ke-33 Senam Tera Indonesia di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/12/2018) / JPP

Shan Santi

close