PT Timah dan Dua BUMN Bedah Rumah Pejuang Veteran

"Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk. Riza Pahlevi menyatakan bahwa pengeloalan sumber daya alam melalui Timah dan BUMN lain adalah bentuk perjuangan masa kini, yang hasilnya untuk memberikan kesejahteraan umum dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

PT Timah dan Dua BUMN Bedah Rumah Pejuang Veteran

Telegraf, Riau – Sondang Sijabat bahagia tidak kepalang. “Terima kasih !, Tuhan'”, seru veteran yang tinggal Tanjung Balai, Karimun, Kepulauan Riau, itu. Dia tak kuasa menahan haru ketika dikunjungi Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk. Riza Pahlevi bersama rombongan pada sehari sebelum peringatan ke-72 Kemerdekaan Indonesia.

Sondang (75), sang pejuang pembela Kemerdekaan Indonesia itu, adalah salah satu veteran yang rumahnya dibedah atau dibangun kembali oleh PT Timah bersama dua BUMN lain, PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (PDIP Batam).

Riza mengungkap bahwa tiga BUMN tersebut telah memperbaiki sebelas rumah veteran di Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

“Ini ungkapan hormat dan rasa bangga terhadap para pejuang yang telah berkorban demi generasi kita yang menikmati kemerdekaan sat ini”, kata Riza yang datang bersama Plt. Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Fajar Yudisiawan, Direktur Utama PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (PDIP Batam) Teuku Afrizam, dan Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Rudiyanto.

Sondang mengaku tidak menyangka kedatangan tim bedah rumah PT Timah yang datang pertengahan Juli lalu dapat bekerja cepat membangun lagi rumahnya. Dia bersama istinya yang berjualan sayur di pasar itu tak henti-henti mengucapkan “Terima kasih! Tuhan”.

Kepada Sondang, Riza bersama lainnya berjanji selalu mengisi dan memperhebat hasil perjuangan veteran dan para pahlawan sesuai bidangnya.

Riza menyatakan bahwa pengeloalan sumber daya alam melalui Timah dan BUMN lain adalah bentuk perjuangan masa kini, yang hasilnya untuk memberikan kesejahteraan umum dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Karena sesungguhnya BUMN adalah benteng perekonomian dan kesejahtetaan bangsa”, kata Riza.

Riza pun menjadi inspektur upacara peringatan ke-72 Kemerdekaan Indonesia di area kerja PT Timah di Pulau Kundur, Kabupaten Karimum, Kepulauan Riau. Upacara diikuti segenap pimpinan dan karyawan PT Timah dan pimpinan PT PDIP Batam dan PT BKI.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Riza menyatakan bahwa upacara bersama tiga BUMN itu adalah gambaran sinergi yang telah berlangsung antara badan-badan usaha milik negara. Hal tersebut, tambah Riza, sejalan amanat Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan yang mengangkat hal pentingnya kerja sama antar lembaga negara, termasuk seluruh BUMN.

Bedah rumah veteran adalah salah satu dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri pada saat menjelang 17 Agustus. Selainnya, diselenggarakan Siswa Mengenal Negeri, yang berupa pertukaran sejumlah pelajar antar daerah, dan acara jalan sehat bersama masyarakat di berbagai lokasi. Fajar mengungkap, semua BUMN melakukan hal serupa dan seluruh yang dibedah ada sekitar 300 rumah di seluruh Indonesia.

Jasa para pejuang pendiri kemerdekaan Republik Indonesia sangat besar. Mereka pertaruhkan nyawa demi tegaknya NKRI di bumi pertiwi. Sayang, di usia senja banyak juga para pejuang yang hidupnya dalam ekonomi serba pas-pasan.

Berawal dari kondisi tersebut niat mulia dilakukan BUMN PT Timah. Mereka blusukan mencari para pejuang veteran yang kurang beruntung nasibnya. PT Timah membantu memperbaiki rumah pejuang veteran yang selama ini telah berjasa memanggul senjata melawan penjajah.

Program bedah rumah yang digagas PT Timah ini membuat sejumlah pejuang veteran terkejut, terharu dan kagum. Mereka tak menyangka masih ada anak bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawan nya. (Edo)


Share



Komentar Anda