Polemik Status Kewarganegaraan, Akankah Orient P Riwu Dilantik?

"Untuk itu, langkah yang akan diambil terhadap pasangan bupati terpilih ini, seluruhnya diserahkan kepada Mendagri, apakah dilantik atau tidak,”

Polemik Status Kewarganegaraan, Akankah Orient P Riwu Dilantik?

Mothercare Indonesia

Telegraf – Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore masih tercatat sebagai warga negara Amerika Serikat (AS). Orient terancam tidak dilantik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, terkait dilantik atau tidaknya Orient.

Sebab, KPU Sabu Raijua dan KPU NTT sebagai penyelenggara, telah selesai melaksanakan tugas, dan mengirimkan usulan untuk pelantikan. Setelah berkoordinasi dan memastikan status kewarganegaraan Orient pada 9 Desember 2020, KPU NTT mengaku pasrah.

“Pelaksanaan tahapan pilkada (pemilihan kepala daerah) sudah sesuai prosedural, baik itu koordinasi soal status kewarganegaraan dan administrasi lainnya terkait pengusungan dan penetapan calon. KPU telah mengirimkan hasil pemilihan dan sedang menunggu jadwal pelantikan. Untuk itu, langkah yang akan diambil terhadap pasangan bupati terpilih ini, seluruhnya diserahkan kepada Mendagri, apakah dilantik atau tidak,” kata Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, Rabu (03/02/2021).

Sebelum penetapan calon, menurut Thomas, KPU telah melakukan klarifikasi ke Dukcapil Kota Kupang. Hal ini sesuai alamat e-KTP milik Orient. Dukcapil Kota Kupang menyatakan Orient berkewarganegaraan Indonesia.


Photo Credit: Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore. FILE/Dok/Ist. Photo

 

Fajri Setiawan
Citibank PH Loans
H&M (Hennes & Mauritz) / CPS