Plt Gubernur Soni Mohon Pamit, Pesan Berikan Pelayanan Terbaik Buat Rakyat

Plt Gubernur Soni Mohon Pamit, Pesan Berikan Pelayanan Terbaik Buat Rakyat

"Selama kami dipimpin pak Soni ada kesan mendalam yang saya rasakan dan juga mungkin dirasakan seluruh jajaran birokrasi DKI bahwa beliau sangat memahami tugas dan pekerjaan kami, beliau pekerja keras, juga sosok yang tegas tapi mengayomi,

Plt Gubernur Soni Mohon Pamit, Pesan Berikan Pelayanan Terbaik Buat Rakyat


Jakarta, Telegraf,- Lima hari lagi Dirjen Otonomi Daerah Dr Sumarsono, MDM bakal mengakhiri masa tugasnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Meski hanya 3 bulan 11 hari, suatu masa yang cukup singkat menjaga Jakarta, namun kehadiran Sumarsono sangat menyentuh hampir mayoritas birokrasi Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

Salah satu yang terkesan dengan kepemimpinan Sumarsono adalah Camat Cipayung Iin Mutmainah. Soni, sapaan akrab Dirjen Otda Sumarsono dinilai sebagai pemimpin yang bekerja dengan hati.

Kesan tersebut disampaikan Iin di acara tatap muka antara Plt Gubernur Soni dengan para pejabat Pemkot Jakarta Timur, di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (3/2/2017).

“Selama kami dipimpin pak Soni ada kesan mendalam yang saya rasakan dan juga mungkin dirasakan seluruh jajaran birokrasi DKI bahwa beliau sangat memahami tugas dan pekerjaan kami, beliau pekerja keras, juga sosok yang tegas tapi mengayomi, tegas karena beliau mengajarkan kepada kami bahwa setiap keputusan yang dilakukan pak Soni senantiasa mengacu pada undang-undang dan peraturan,” ujar Iin yang siang itu diberi kesempatan menyampaikan kesan dan pesannya tentang kepemimpinan Sumarsono.

Dalam memimpin DKI, lanjut Iin, gaya Soni juga cukup humoris. “Bapak dalam memberikan pengarahan dan motivasi kepada kami senantiasa diselipi humor itu yang membuat kami rasanya adem,” kata camat perempuan ini.

Iin juga memuji konsep Soni dalam membangun Jakarta. “Konsep pak Soni sangat menyentuh kami. beliau membangun mental dan budayanya dulu sebelum membangun fisik, artinya pak Soni membangun etos kerja pada kami jajaran Pemprov DKI agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada publik,” katanya.

Kesan lain yang dirasakan Iin adalah saat Soni membangun etos kerja dan nilai-nilai kebangsaan di jajaran birokrasi Pemprov DKI Jakarta. “Motivasi dan semangat itu ditanamkan beliau dengan menyanyikan lagu Mars Revolusi Mental dan Mars DKI Jakarta, yang selama ini tidak kami alami, lagu-lagu itu sangat menyentuh hati kami karena ada syair bangunlah jiwanya dan bangunlah raganya,” papar Iin.

Pujian senada disampaikan Ireni, Kepala Suku Badan Pengelola Aset Kota Administrasi Jakarta Timur. Menurut Ireni, meski waktunya singkat 3 bulan 11 hari tapi cara kerja Soni membuat Ireni kagum. “Beliau bekerja secara sistematis, tegas, bekerja dengan benar, jujur dan bertanggung jawab,” kata Ireni.

Ireni berjanji sepeninggal Soni mengakhiri tugasnya sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta, Ireni tetap akan mengingat arahan Dirjen Otda ini. “Kita akan senantiasa tetap bisa mempertahankan semangat kerja, kerja dan kerja sebagaimana konsep revolusi mental,” katanya.

Tinjau Posko Pilkada 2017
Pada Jumat silam 3 Februari 2017 Soni meninjau Posko Monitoring Penyelenggaraan Pilkada 2017. Dalam kunjungannya ini, Sumarsono ingin memastikan sejauhmana persiapan Kota Administrasi Jakarta Timur dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017.

“Ada beberapa alasan kenapa saya berkunjung ke kantor Walikota Jakarta Timur sebelum masa tugas saya berakhir pada tanggal 11 Februari, alasan pertama saya ingin memastikan tidak ada kendala penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Jakarta Timur,” ujar Sumarsono.

Menurut Sumarsono hasil laporan KPU, Panwaslu dan Pemeritahan Kota Administrasi Jakarta Timur, seluruh instrumen pelaksanaan Pilkada sudah memadai. Karena itu ia berharap pada saat pelaksanaan, proses pemilihan terlaksana dengan lancar dan kondusif .

“Pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan Lurah dan Camat sebagai aparatur sipil negara (ASN) harus netral. Karena suksesnya Pilkada harus didukung penyelenggara dan birokrasi yang netral,” tegasnya.

Usai sidak di Posko Monitoring, Soni menggelar tatap muka dengan seluruh jajaran pejabat Kantor Walikota Jakarta Timur mulai dari pejabat teras, eselon II, III, camat hingga lurah.

Kunjungan ini juga digunakan Sumarsono untuk pamitan dengan para kepala SKPD/UKPD, mengingat masa tugasnya sebagai Plt Gubernur akan berakhir minggu depan. Namun Soni sempat menitipkan pesan agar para birokrat tetap berpihak pada rakyat kecil dan memberikan layanan terbaik.

“Tetap berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan tak lupa saya mohon pamit karena masa tugas akan berakhir,” tandasnya.

Uniknya lagi, Soni juga memperdulikan kemungkinan ancaman genangan air di musim hujan. Untuk itu Soni menitipkan himbauan kepada para lurah agar siap mengantisipasi musim penghujan di bulan Februari ini. Menurutnya, peningkatan curah hujan berpotensi menyebabkan genangan dan banjir. Terima kasih pak Soni atas kerja-kerja menjaga Jakarta. (Edi Winarto)

Photo credit : Telegraf/Koeshondo W. Widjojo


Edo W.

close