Telegraf – Startup audio lokal terkemuka di Indonesia, Noice, telah mengadopsi pendekatan berbasis wawasan untuk meningkatkan keterlibatan pendengar dan berhasil meningkatkan jumlah pengguna aktif harian dan bulanan sebesar 34% dan 21% secara kuartal, masing-masing. Noice menayangkan konten lokal seperti podcast, radio, buku audio, dan audio langsung, dan saat ini telah menjadi jaringan podcast terbesar di Indonesia, menawarkan lebih dari 600 acara orisinal dan eksklusif di berbagai genre (Jakarta, 13/4/2023).
Sebelumnya, tim pemasaran Noice melakukan kampanye secara manual, yang menyebabkan ketidakkonsistenan dalam alur komunikasi dan menghambat mereka untuk melibatkan kembali pendengar yang sudah ada. Dalam upaya untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Noice memilih MoEngage, platform keterlibatan pelanggan terkemuka berbasis wawasan, yang membantu tim dengan mudah menjalankan kampanye yang berpusat pada pelanggan dan menguraikan tren keterlibatan dengan kecerdasan buatan.
Noice memanfaatkan notifikasi push sebagai saluran untuk alur orientasi 7 hari dan mengirimkan pemberitahuan yang dipicu berdasarkan peristiwa pengguna. Notifikasi ini dikirimkan melalui saluran seperti pemberitahuan push, dalam aplikasi, email, dan SMS dengan tujuan meningkatkan keterikatan aplikasi sebesar 3%. Selain itu, Noice juga melacak penghapusan instalan pada perangkat Android dan iOS dan merancang langkah-langkah untuk lebih terlibat dengan kategori pendengar yang berisiko untuk menghapus aplikasi tersebut. Hal ini membantu Noice meraih pengurangan 20% dalam jumlah pendengar yang menghapus instalasi dalam satu kuartal.
“Kemitraan kami dengan MoEngage benar-benar membantu kami mengumpulkan wawasan yang tepat, mengoptimalkan proses onboarding kami, dan memberikan pengalaman mendengarkan yang unggul bagi pendengar kami untuk menikmati momen tanpa layar tersebut,” kata Virginia Fransiska, VP Pemasaran dan Kemitraan, Noice. “Dengan memanfaatkan alur dan kampanye MoEngage, kami dapat mempersonalisasi dan mengkontekstualisasikan komunikasi kami. Kami berharap dapat mengembangkan pendengar kami dan memberikan mereka pengalaman mendengarkan yang tak tertandingi dengan MoEngage yang mendukung kami dalam upaya keterlibatan dan retensi pendengar.”
“Kami sangat senang dapat membantu Noice dalam mencapai tujuan mereka untuk menyediakan momen-momen menyenangkan bagi para pendengar,” kata Roy Simangunsong, Country Head, Indonesia, MoEngage. “Kami berdedikasi untuk membantu tim Noice menavigasi platform keterlibatan pelanggan kami dan mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang akan meningkatkan basis pengguna aktif mereka dan mengurangi jumlah pengguna yang menghapus aplikasi.”