PKB: Salahkan Israel, Yahya Staquf Justru Konsisten Dukung Palestina

"Jika dibaca pidatonya justru menunjukkan beliau mendukung Palestina dan menilai cara-cara yang dilakukan Israel selama ini salah,"

PKB: Salahkan Israel, Yahya Staquf Justru Konsisten Dukung Palestina

Telegraf, Jakarta – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menilai Katib Aam (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Yahya Cholil Staquf konsisten membela Palestina. Sejauh yang dikenalnya, Yahya sejak awal mendukung Palestina dan tidak membenarkan apa yang dilakukan Israel atas Palestina.

“Sejauh yang saya kenal, Kiai Yahya Cholil Staquf adalah orang yang konsisten mendukung Palestina. Bahkan, dia tidak membenarkan apa yang dilakukan Israel atas Palestina,” ujar Daniel di Jakarta, Rabu (13/06/18) lalu.

Dikatakan, isi pidato Yahya Staquf dalam forum yang diprakarsai American Jewish Committee (AJC) di Israel tidak menunjukkan dukungannya terhadap Israel.

Justru, isi pidato itu menunjukkan Yahya membela Palestina. “Jika dibaca pidatonya justru menunjukkan beliau mendukung Palestina dan menilai cara-cara yang dilakukan Israel selama ini salah,” katanya.

Terkait kehadiran Yahya di AJC, Daniel mengharapkan publik tidak berprasangka buruk. Apalagi, ada upaya politisasi terhadap kahadiran Yahya di Israel.

“Jangan dipolitisasi nanti masyarakat lelah. Saya yakin Kiai Yahya akan menjelaskan kehadiran beliau di forum AJC. Itu bisa saja bagian dari dialektika membantu Palestina,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Yahya berbicara di Israel pada Minggu (10/6) waktu setempat. Dia menjadi pembicara dalam diskusi yang moderatornya Direktur Forum Global AJC Rabi David Rosen.

Acara itu dihadiri sekitar 2.400 orang. Yahya berbicara dalam acara diskusi yang diadakan organisasi Yahudi Amerika. Yahya menegaskan, kehadirannya tidak mewakil Indonesia atau PB NU, tetapi atas inisiatif pribadi. (Red)


Photo Credit : Chatib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf yang juga adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), menjadi pembicara di sebuah diskusi yang diprakarsai oleh America Jewish Commitee. AJC Global Voice

Share