Pemerintah Kucurkan Dana Untuk Pembibitan Gratis

Pemerintah Kucurkan Dana Untuk Pembibitan Gratis

"Bukan saja penanaman semua komoditas sayuran buah buahan seperti cabe untuk program ini Gardjito mengatakan sumber protein seperti ayam bebek bahkan ikan. Untuk sumber protein ini Gardjito menjelaskan hanya tempat tempat yang memenuhi standar untuk lahannya, kalo di gang-gang dimasyarakat urban yah tidak mungkin,"

Pemerintah Kucurkan Dana Untuk Pembibitan Gratis


Telegraf, Jakarta – Pemerinta khususnya Kementrian Pertanian (Kementan) akan melakukan program aksi pemanfaatan pekarangan dan gerakan tanam (Gertam) cabai bekerjasama dengan Tim pengerak (TP) PKK di 10 propinsi di indonesia yang di harapkan dapat meningkatkan keluarga sejahtera dan sehat. Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman di kantornya jl. Harsono RM, Ragunan kemarin.

Kerjasama yang diharapkan dapat mengembangkan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) ini dengan memanfaatkan semaksimal mungkin pekarangan yang memungkinkan untuk menghasilkan pangan. Bukan saja tanaman buah pemerintah juga melalui Badan Ketahanan Pangan Kementan akan menyediakan bibit dan benih sayuran untuk seluruh Indonesia di 10 propinsi sebagai percontohan.

Gardjito Budi ketua Badan Ketahanan Pangan kementan menjelaskan program pertanian yang massif melalui rumah tangga, yang mana dimana saja baik di perkotaan maupun didaerah dapat ikut berkontribusi dalam penyediaan pangan minimal untuk dirinya, untuk keluarganya, bahkan untuk kelompoknya, jika nanti kemudian surplus bisa di jual dan menambah penghasilan. “Ini tujuannya” Gardjito menegaskan.

“Bukan saja penanaman semua komoditas sayuran buah buahan seperti cabe untuk program ini  Gardjito mengatakan sumber protein seperti ayam bebek  bahkan ikan. Untuk sumber protein ini Gardjito menjelaskan hanya tempat tempat yang memenuhi standar untuk lahannya, kalo di gang-gang  dimasyarakat urban yah tidak mungkin,” ujarnya.

Untuk lahan lahan yang ditemati oleh masyarakat urban ini bisa dimanfaatkan untuk penanaman sayur sayuran dan buah buahan yang mana hanya bisa dimanfaatkan melalui media pot. Karena sekarang yang sedang mencuat adalah cabe maka Kementan menyediakan bibit cabe, yang mana setiap kepala rumah tangga maksimal 10 pohon bibit.

Untuk program Gardjita mengatakan pemerintah menyediakan anggaran sebesar 15 juta untuk satu kelompok TP PKK untuk perincian 6 juta untuk bibit dan pengairan sederhana, Demplot 2 juta dan pengembangan pekarangan anggota 7 juta. Gardjito menambahkan jumlah anggota dalam kelompok itu minimal 15 keluarga atau rumah tangga. ini dari pemerinta jika nanti pemerintah daerah akan menambahkan/mensuport kegiatan ini nanti nominal/bibit akan bertambah.

Demplot atau Demontration Plot merupakan metode pertanian dengan membuat lahan sebagai percontohan yang mana petani bisa melihat terlebih dahulu bagaimana cara menanam sebelum merealisasikan sendiri. (Red)

Photo credit : Ist. Photo


Atti K.

close