Papua dan Jabar Bersaing Ketat di Cabang Judo Peparnas

Papua dan Jabar Bersaing Ketat di Cabang Judo Peparnas

"Keduanya berhasil menang dengan ciamik dengan cara membanting lawannya di atas matras. Lalu, kemudian menguncinya dengan gerakan sempurna. Medali ini merupakan yang pertama didapatkan dalam cabor Judo."

Papua dan Jabar Bersaing Ketat di Cabang Judo Peparnas

Telegraf – Gelaran cabang olahraga Judo di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua cukup menarik, kontingen tuan rumah Papua dan Jawa Barat (Jabar) bersaing ketat pada hari ketiga, Rabu (10/9/2021).

Dilansir dari infopublik, perolehan medali emas terpantau pada hari kedua, kontingen asal Jawa Barat mendominasi perolehan medali emas dalam cabang olahraga (cabor) Judo di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang diadakan di GOR Trikora, Kota Jayapura, Papua, Selasa (09/11/2021).

Dua atletnya mendapatkan medali emas di kelas pertandingan sampai dengan 52 kilogram (-52 kg) putri yang bernama Dheny Marsyelina. Dan kelas pertandingan sampai dengan 66 kilogram (-66 kg) putra yang bernama Jaka Setiadi.

Sedangkan, pada hari pertama yang diselenggarakan pada Senin (08/11/2021) dua atlet dari kontingen Papua berhasil mendapatkan medali emas tersebut adalah Yovan Rate dari kelas berat badan kurang dari 50 kilogram (-50 kg) putra dan Junaedi dari kelas berat badan kurang dari 55 kg (-55 kg) putra.

Keduanya berhasil menang dengan ciamik dengan cara membanting lawannya di atas matras. Lalu, kemudian menguncinya dengan gerakan sempurna. Medali ini merupakan yang pertama didapatkan dalam cabor Judo.

Technical Delegate (TD) atau Pelaksana Teknis Cabor Judo, RM Dimas Ariwibowo, mengatakan berdasarkan hasil dari dua hari tersebut, diprediksi pada hari ketiga saat ini kedua tim akan mendominasi kembali ajang pertandingan Judo. Mengingat, kemampuan dua tim mempunyai susunan pemain Judo yang memiliki kekuatannya hampir sama satu sama lain.

Ditambah lagi, kedua tim ini, kerap melakukan mitra tanding dalam beberapa waktu belakangan ini. Sehingga, kekuatan atletnya yang dimiliki oleh masing-masing kontingen memiliki kecenderungan yang hampir sama.

Diketahui, pada hari ketiga, Rabu (10/11/20210) mempertandingkan kelas 73 kg dan 81 kg putra, kemudian kelas 57 kg dan 63 kg putri. Pada hari keempat, Kamis (11/11/2021) akan mempertandingkan kelas 90 kg dan kelas di atas 90 kg (+90 kg) putra, kemudian kelas di bawah 70 kg (-70 kg) dan di atas 70 kg (+70 kg) putri.

Pada hari kelima, Jumat (12/11/2021) akan mempertandingkan kelas beregu putra dan beregu putri. Pada hari terakhir yang jatuh pada Sabtu (13/11/2021) akan mempertandingkan kelas bebas elit yang akan mempertandingkan atlet-atlet yang sudah memiliki pengalaman kompetisi di ajang internasional.

Cabor Judo di ajang Peparnas diikuti oleh 13 kontingen yakni Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), DKI Jakarta, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Katim), Riau, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Bali, dan Papua.


Photo Credit: Papua dan Jabar Bersaing Ketat di Cabor Judo Peparnas. Infopublik/Ryiadhy Budhy Nugraha

 

Aris Maulana

close