Pak Gubernur Ya, Saya Sering Lihat Bapak di Tivi…

Plt Gubernur Soni kaget ketika disapa ibu tersebut, "Pak Gubernur ya," kata sang ibu penjual pecel. "Saya bukan kok," canda Plt kepada ibu penjual pecel. "Ah...Bapak Gubernur wong saya sering lihat bapak nongol di televisi, bapak terkenal," kata sang ibu dengan senyuman. Sang ibu penjual pecel keliling ini rupanya sudah mengenal Soni karena sering tampil di layar kaca.

Pak Gubernur Ya, Saya Sering Lihat Bapak di Tivi…

Plt Gubernur Traktir Penyapu Sampah Nikmati Pecel Kaki Lima

Jakarta, Telegraf,- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono sosok pemimpin yang merakyat dan peduli wong cilik. Dirjen Otonomi Daerah ini punya kebiasaan menyapa dan berdialog dengan orang kecil. Hal itulah yang terlihat saat Soni jalan-jalan pagi di seputaran Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat Sabtu pagi (4/2/2017).

Mendadak alumnus Fisipol UGM ini mendekati petugas kebersihan sampah yang sedang menjalankan tugas di kawasan sekitaran Menteng. Sebagaimana kebiasaannya, Plt Gubernur langsung menyapa kedua petugas yang sedang mengangkut sampah tersebut.

“Masuk kerja jam berapa, apa sudah sarapan pak,” sapa Plt Gubernur mengajak kedua petugas ini berdialog.

“Sejak Subuh pak, belum (sarapan.red),” aku petugas kebersihan ini.

Tak jauh dari lokasi petugas kebersihan, Soni berpapasan dengan seorang ibu setengah baya menggendong dagangannya. Rupanya ia berjualan pecel keliling. Plt Gubernur Soni kaget ketika disapa ibu tersebut, “Pak Gubernur ya,” kata sang ibu penjual pecel.

“Saya bukan kok,” canda Plt kepada ibu penjual pecel. “Ah…Bapak Gubernur wong saya sering lihat bapak nongol di televisi, bapak terkenal,” kata sang ibu dengan senyuman. Sang ibu penjual pecel keliling ini rupanya sudah mengenal Soni karena sering tampil di layar kaca.

Pak Soni langsung menyapa ibu penjual pecel tersebut, “Selamat pagi bu bagaimana dagangannya.” Plt Gubernur juga menanyakan, “Sudah laku belum jualannya ibu,”

“Dari pagi berdagang belum laku pak,” jawab ibu penjual ini dengan polos.

“Berapaan harga pecelnya bu,” tanya Plt Gubernur. “Tujuh ribu satu pincuk pak,” kata ibu penjual pecel.

Baca Juga :   Mau ke Jakarta, Anda Harus Perpanjangan STRP Dulu

Lantas Plt Gubernur memanggil dan mengajak kedua petugas kebersihan yang sejak Subuh belum sarapan itu untuk menikmati menu nasi pecel yang dijual ibu pedagang nasi pecel. “Bu saya pesen pecelnya beberapa bungkus buat teman-teman saya ini,” ujar Plt Gubernur.

Kebiasaan Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono Suka berdialog dengan pegawai bawah diantaranya petugas Satpol PP di lapangan ini

Tak hanya mengajak petugas kebersihan, Soni juga mengajak petugas Satpol PP dan Petugas Dishub yang sedang bertugas untuk ikut menikmati sarapan nasi pecel yang disajikan ibu pedagang pecel.

Pedagang pecel terkejut saat Soni memberikan beberapa lembaran uang seratus ribu. Ia tak menyangka pagi itu akan mendapat berkah rejeki dari pak Gubernur. “Aduh pak Gubernur orangnya sangat baik sekali, terima kasih pak,” ujar sang ibu penjual nasi pecel dengan wajah sumringah. (Edi Winarto)

Edo W.

close