Lonjakan Covid-19 di DKI, Anies: Tak Usah Disikapi Berlebihan

"Kalau ada orang yang tidak mau pakai masker, itu seperti mengatakan, 'Saya tidak peduli dengan keselamatan anda',"

Lonjakan Covid-19 di DKI, Anies: Tak Usah Disikapi Berlebihan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai warga yang tidak mengenakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah sama saja tidak peduli terhadap kesehatan dirinya maupun orang lain.

“Kalau ada orang yang tidak mau pakai masker, itu seperti mengatakan, ‘Saya tidak peduli dengan keselamatan anda’,” kata Anies dalam webinar ‘Salat Idul Adha dan Kurban di Masa Pandemi’, Rabu (29/07/20).

Menurut Anies, penggunaan masker saat ini sangat penting dilakukan. Sebab Covid-19 bisa menular melalui droplet atau percikan air liur.

Lebih lanjut, Anies pun meminta kepeda masyarakat agar tidak menyikapi secara berlebihan terhadap informasi lonjakan penambahan kasus baru positif Covid-19.

Sebab hal itu menurutnya merupakan kabar baik. Karena artinya ada pengetesan yang masif, serta semakin banyak orang yang tercegah tertular.

“Memang kita masih punya wabah, di dunia juga masih ada wabah. Pilihannya mau ditemukan atau tidak. Kalau tidak ditemukan, angkanya kecil. Saya berkali-kali menegaskan kami bukan ingin menurunkan angka Covid-19, kami ingin menurunkan penyebaran Covid-19,” tegasnya.


Photo Credit: Anies Baswedan Naik Sepeda Keliling Jakarta. MERDEKA/Imam Bukhori

Edo W.