IAI Himbau Jangan Membeli Obat Melalui Online Beresiko

"Kita menghimbau untuk masyarakat yang membeli obat secara online masyarakat harus lebih hati hati, karena ini belum diatur oleh pemerintah, sebaiknya belanja ke apotik yg berijin,"

IAI Himbau Jangan Membeli Obat Melalui Online Beresiko

Telegraf, Jakarta – Maraknya E-Commerse membuat bisnis melonjak, tak hanya kebutuhan rumah-tangga, kebutuhan obat obatan pun tergolong sudah merambah ke Online, seiring dengan kemajuan teknologi manusia di manjakan dengan satu buah smartphone.

Namut tidak semua perdagangan online baik untuk masyarakat, seperti halnya pembelian obat obatan melalui aplikasi online harus berhati hati dikarena tidak ada jaminan baik dari jenis obatnya bahkan hingga proses pengirimannya.

Hal itu diungkapkan oleh Sekertaris Jendral ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Noffendri Roestam, usai Media Gathering bersama jurnasil dan bloger di kantornya dengan tema “Pharmacists, Your Medicines Experts”, di Jakarta.

“Kita menghimbau untuk masyarakat yang membeli obat secara online masyarakat harus lebih hati hati, karena ini belum diatur oleh pemerintah, sebaiknya belanja ke apotik yg berijin,” ungkap Roestam, Sabtu, (29/9).

Roeestam menjelaskan bukan saja pembelian secara online atau sampai memfoto resep terlalu beresiko bagi masyarakat, karena penjualan obat obatar secara obline atau menforo resep tersebut belum di atur didalam peraturan pemerintah, dimana peraturan tersebut sedang digodok yang tahun ini segera terbit.

Bukan saja regulasi peraturan belanja obat secara online tetapi juga layanan kesehatan (telemedisin)juga sedang di godog untuk memperjelas batas batas penjualan obat obatan secara online maupun layanan kesehatan.

Roestam menambahkan mengapa sangat beresiko, karena kita tidak tau dan tidak bisa mengecek sarana yang menjual itu resmi atau gak. Tetapi jika saraa resmi kita bisa jamin itu produknya terjamin. (Red)


Credit Photo : Noffendri Roestam, S.Si, Apt Sekretaris Jenderal PP Ikatan Apoteker Indonesia
“Pharmacists, Your Medicines Experts Indri Mulyani Bunyamin, S.Farm, Apt  Ketua HISFARKESMAS PP IAI “Cara Cerdas Gunakan Obat (DAGUSIBU)/telegraf


Share



Komentar Anda