Diusung Banyak Parpol di 2019, Jokowi : Itu Hak Mereka

Saya sekarang ini masih fokus menyelesaikan, masih konsentrasi, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dan program-program yang masih dalam proses, yang masih harus saya selesaikan. Tugas saya fokus saya ke situ,"

Diusung Banyak Parpol di 2019, Jokowi : Itu Hak Mereka

Kuta, Bali, Telegraf- Meski sudah pasti didukung enam partai politik papan atas untuk kembali memimpin Indonesia di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, Presiden Joko Widodo tidak jumawa. Pria berpenampilan sederhana ini tetap low profile. Jokowi mengatakan ia harus menuntaskan kepercayaan rakyat untuk mensejahterakan bangsa ini.

Hal tersebut terlihat saat ia dimintai tanggapan terkait dukungan parpol yang akan mengusungnya kembali sebagai Capres 2019, Kepala Negara menyatakan bahwa setiap partai politik punya hak untuk menyampaikan pandangan dan dukungannya kepada siapapun. Adapun saat ini, ia masih ingin berkonsentrasi untuk menyelesaikan program-program yang dijalankan pemerintah.

“Saya sekarang ini masih fokus menyelesaikan, masih konsentrasi, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dan program-program yang masih dalam proses, yang masih harus saya selesaikan. Tugas saya fokus saya ke situ,” tutur Presiden Jokowi kepada wartawan usai membuka Rapimnas Partai Hanura, di Hotel The Stones, Kuta, Bali, Jumat (4/8/2017) pagi.

Meskipun Pilpres baru akan dilaksanakan pada 2019 mendatang, sejumlah partai politik sudah menyampaikan dukungannya kepada Presiden Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode 2019-2024. Partai-partai politik itu diantaranya Partai Nasdem, Partai Golkar, PPP, Perindo, dan juga Partai Hanura.

Bukan hanya parpol, Jokowi menilai jika ada individu yang menyampaikan pandangan politiknya, itu juga hak politiknya.

“Saya kira itu saja. Misalnya, wartawan juga boleh, enggak apa-apa, itu juga hak individu-individu,” katanya.

Ditanya mengenai seperti apa komunikasi pemerintah dengan parpol ke depannya, Presiden Jokowi mengatakan, kalau komunikasinya baik kemudian beriringan tentu saja setiap kebijakan itu akan memudahkan karena pemerintah segera bisa memutuskan, segera bisa melaksanakan, dan tentu saja pengawasan juga yang sangat penting.

Dalam Rapimnas Jumat (4/8/2017) di Kuta Bali, Partai Hanura juga secara resmi memberikan dukungannya bagi pencalonan Presiden Joko Widodo sebagai calon presiden periode 2019-2024. Keputusan dukungan tersebut diambil setelah 34 DPD Partai Hanura secara bulat memberikan dukungannya. (roy)

 

Edo W.

close