AS Kembali Kirimkan Kapal Perang ke LCS

"Tak hanya diperebutkan dengan negara-negara Asia, sejumlah negara besar juga memiliki kepentingan di Laut China Selatan baik secara ekonomi, kebebasan perdagangan dan navigasi, serta secara geopolitik."

AS Kembali Kirimkan Kapal Perang ke LCS

Telegraf – Sebuah kapal perang milik angkatan laut Amerika Serikat (AS) melintas di kepulauan Spartly, yang diklaim China di Laut China Selatan (LCS), Rabu (17/02/2021).

Armada Ke-7 Angkatan Laut AS menjelaskan, kapal perusak USS Russell itu berlayar guna menegaskan hak kebebasan bernavigasi di Kepulauan Spartly, sesuai dengan hukum internasional.

Manuver kapal itu merupakan yang terbaru dilakukan AS untuk menentang klaim sepihak yang dilakukan oleh China atas sebagian besar wilayah LCS yang bersangkutan dengan beberapa wilayah negara di Asia Tenggara.

Pada pekan lalu, dua kelompok kapal induk AS, USS Theodore Roosevelt dan USS Nimitz bersama beberapa kapal penjelajah dan kapal perusak rudalnya juga menggelar latihan tempur di LCS.

Dua armada kapal induk itu dilengkapi dengan sekitar 120 pesawat tempur dan awaknya.

Laut China Selatan menjadi perairan yang rawan konflik terbuka setelah China mengklaim sepihak sebagian besar teritorial wilayah itu.

Klaim sepihak China atas Laut China Selatan itu bertabrakan dengan wilayah perairan sejumlah negara Brunei, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Tak hanya diperebutkan dengan negara-negara Asia, sejumlah negara besar juga memiliki kepentingan di Laut China Selatan baik secara ekonomi, kebebasan perdagangan dan navigasi, serta secara geopolitik.

Meski tidak memiliki klaim teritorial, AS kerap menentang dan mengecam segala tindakan ekspansi yang dilakukan oleh China secara sepihak di Laut China Selatan.

Baca Juga :   Paus Desak Myanmar Bebaskan Para Tahanan Politik

AS yang merupakan pesaing utama China, menganggap seluruh klaim China terhadap Laut China Selatan ilegal di mata hukum internasional.

Pada 4 Februari lalu, Angkatan Laut AS juga mengirim kapal perusak berpeluru USS John s McCain melalui Selat Taiwan.

Esok harinya, kapal perang yang sama berlayar di dekat Kepulauan Paracel yang telah diklaim China, di LCS.

Manuver kapal perang AS tersebut kerap menyulut amarah China. Tak ingin kalah dari AS, China juga kerap meluncurkan kapal dan pesawat militernya ke wilayah LCS itu.


Photo Credit: Kapal induk Angkatan Laut AS USS Nimitz CVN 68 dan USS Theodore Roosevelt CVN71 di Laut China Selatan (LCS). REUTERS

 

Edo W.