Cari
Sign In
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
Telegraf

Kawat Berita Indonesia

  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
  • Entertainment
  • Lifestyle
  • Technology
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Regional
    • Didaktika
    • Musik
    • Religi
    • Properti
    • Opini
    • Telemale
    • Philantrophy
    • Corporate
    • Humaniora
    • Cakrawala
    • Telegrafi
    • Telecoffee
    • Telefokus
    • Telerasi
Membaca Hari Disabilitas Internasional 2024, KAI Perkuat Komitmen Pelayanan Inklusif
Bagikan
Font ResizerAa
TelegrafTelegraf
Cari
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Internasional
  • Entertainment
  • Lifestyle
  • Technology
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Regional
    • Didaktika
    • Musik
    • Religi
    • Properti
    • Opini
    • Telemale
    • Philantrophy
    • Corporate
    • Humaniora
    • Cakrawala
    • Telegrafi
    • Telecoffee
    • Telefokus
    • Telerasi
Punya Akun? Sign In
Ikuti Kami
Telegraf uses the standards of the of the Independent Press Standards Organisation (IPSO) and we subscribe to its Editors’ Code of Practice. Copyright © 2025 Telegraf. All Rights Reserved.
Rilis

Hari Disabilitas Internasional 2024, KAI Perkuat Komitmen Pelayanan Inklusif

MSN Selasa, 3 Desember 2024 | 21:45 WIB Waktu Baca 3 Menit
Bagikan
Bagikan

BANDUNG, TELEGRAF.CO.ID — Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember ini, KAI terus berupaya meningkatkan komitmen untuk memberikan layanan inklusif bagi seluruh pelanggan, termasuk penyandang disabilitas.

“Berbagai langkah strategis telah dilakukan untuk memastikan bahwa perjalanan dengan kereta api menjadi semakin ramah, aman, dan nyaman bagi semua kalangan. Salah satu wujud nyata dari komitmen ini adalah pelaksanaan Diklat Pelayanan Disabilitas, yang melibatkan para frontliner KAI, seperti kondektur, prama/prami, customer service, petugas loket, petugas boarding, hingga personel keamanan stasiun. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melayani pelanggan penyandang disabilitas dengan cara yang tepat, penuh empati, dan sesuai dengan prinsip inklusivitas,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

KAI memastikan bahwa seluruh stasiun ramah bagi penyandang disabilitas dengan menyediakan berbagai fasilitas inklusif. Stasiun dilengkapi ramp dengan kemiringan sesuai standar untuk memudahkan pengguna kursi roda, kursi prioritas di ruang tunggu, serta travelator dan lift khusus di beberapa lokasi. Untuk kenyamanan lebih, tersedia loket khusus dengan ketinggian yang sesuai, toilet disabilitas yang luas dan dilengkapi pegangan tambahan, serta jalur khusus dengan guiding block untuk tunanetra. Selain itu, musala di stasiun menyediakan kursi lipat bagi pelanggan berkebutuhan khusus, memastikan akses mudah dan nyaman selama berada di stasiun.

“Tidak hanya di Stasiun, KAI juga menghadirkan fasilitas ramah disabilitas di dalam kereta untuk memastikan kenyamanan selama perjalanan. Setiap kereta Commuter Line dilengkapi dengan kursi prioritas yang ditandai dengan stiker khusus, memberikan tempat duduk yang lebih mudah diakses bagi penyandang disabilitas. Selain itu, tersedia ruang khusus untuk kursi roda, yang dirancang untuk memastikan mobilitas pengguna tetap terjaga tanpa mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Dengan fasilitas ini, KAI berkomitmen menciptakan pengalaman perjalanan yang inklusif dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan,” ungkap Anne.

Selain itu, KAI juga memiliki program khusus bagi para penyandang disabilitas. Sejak 17 September 2023, KAI memberikan potongan harga tiket sebesar 20% kepada penyandang disabilitas untuk keberangkatan kereta api jarak jauh dan menengah baik kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif.

*Ketentuan potongan harga tiket ini adalah:*

1. Registrasi dilakukan di customer service stasiun paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan. Proses registrasi hanya dilakukan sekali dan berlaku seterusnya.

2. Membawa dokumen seperti Surat Keterangan Disabilitas dari dokter rumah sakit/puskesmas dan KTP.

3. Registrasi dapat diwakilkan dengan membawa dokumen asli dan pas foto penyandang disabilitas.

4. Tiket dengan potongan harga dapat dibeli melalui aplikasi Access.

“KAI telah menyediakan layanan inklusif bagi penyandang disabilitas baik di stasiun maupun di atas kereta sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM). KAI akan terus berinovasi untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua pelanggan termasuk penyandang disabilitas,” tutup Anne. (rilis)

Bagikan Artikel
Twitter Email Copy Link Print

Artikel Terbaru

Prabowo Disebut Sudah Kantongi Info Terkait Illegal Logging
Waktu Baca 4 Menit
Prabowo Tak Tetapkan Status Bencana Nasional, Ini Alasannya
Waktu Baca 2 Menit
Soal Pendanaan Hutang Whoosh, Purbaya: Masih Pembahasan
Waktu Baca 4 Menit
Dorong Transformasi Digital Underwriting, AJB Bumiputera 1912 Gandeng Seleris
Waktu Baca 3 Menit
Soal Polemik IMIP, Kemenhub: Izin Sudah Dicabut Sejak Oktober 2025
Waktu Baca 4 Menit

Perbaikan Akibat Bencana, Prabowo: Kita Punya Anggarannya

Waktu Baca 3 Menit

Korban Akibat Bencana di Sumut dan Sumbar Jadi 442 Jiwa

Waktu Baca 8 Menit

Prabowo Kunjungi Korban Banjir Sumatra, Pastikan Langkah Darurat Dilakukan

Waktu Baca 2 Menit

BNPB Sebut Jumlah Korban Meninggal Dunia di Sumut, Sumbar dan Aceh Jadi 303 Jiwa

Waktu Baca 7 Menit

Lainnya Dari Telegraf

Rilis

KPI Merajut Jalinan Kerja Sama dengan Muhammadiyah untuk Mengawal Kepentingan Publik di Penyiaran

Waktu Baca 4 Menit
Rilis

Flash Sale Tiket Kereta Rp80.000 Hanya Satu Jam, Catat Tanggal dan Jamnya!

Waktu Baca 3 Menit
Rilis

Meriahkan Festival Belanja di DIY-Jateng, Kolaborasi Indosat, Erafone, dan Oppo Tawarkan Layanan dan Fitur Unggulan

Waktu Baca 3 Menit
Rilis

KAI Gelar Online Training KRL Heritage ESS MCDW-30 di Balai Yasa Manggarai

Waktu Baca 2 Menit
DidaktikaRilis

Mahasiswi KKN STAI Al-Anwar Sarang Gagas Eco-Masjid

Waktu Baca 2 Menit
DidaktikaRilis

KKN UNISDA 2025 di Desa Keduyung, Lamongan: Perkuat Literasi Sejak Dini

Waktu Baca 2 Menit
Webinar PROPAMI The Art of Mental Rest hadirkan Hany Gungoro bahas pentingnya istirahat psikis untuk profesional pasar modal
Rilis

PROPAMI Angkat Isu Kesehatan Mental Lewat Webinar “The Art of Mental Rest”

Waktu Baca 2 Menit
Isyana Sarasvati dan H-Street: Perpaduan Gaya Autentik dan Semangat Global PUMA di Seoul
Rilis

Peluncuran PUMA H-Street di Seoul Gaet Isyana Sarasvati sebagai Representasi Asia Tenggara

Waktu Baca 4 Menit
Telegraf
  • Nasional
  • Ekonomika
  • Politika
  • Regional
  • Internasional
  • Cakrawala
  • Didaktika
  • Corporate
  • Religi
  • Properti
  • Lifestyle
  • Entertainment
  • Musik
  • Olahraga
  • Technology
  • Otomotif
  • Telemale
  • Opini
  • Telerasi
  • Philantrophy
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

KBI Media

  • Akunku
  • Hobimu
  • Karir
  • Subscribe
  • Telegrafi
  • Teletech
  • Telefoto
  • Travelgraf
  • Musikplus

Kawat Berita Indonesia

Telegraf uses the standards of the of the Independent Press Standards Organisation (IPSO) and we subscribe to its Editors’ Code of Practice. Copyright © 2025 Telegraf. All Rights Reserved.

Selamat Datang!

Masuk ke akunmu

Lupa passwordmu?