Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten Ponorogo, Juru Kunci: Semoga Pak Ganjar Jadi Presiden  

“Semoga lebih baik dan apa yang menjadi hajat terkabul. Semoga Pak Ganjar menjadi RI satu (presiden),”

Oleh : A. Chandra S.

Telegraf – Di tengah safari politiknya di wilayah Jawa Timur, Ganjar Pranowo singgah di makam Batoro Katong di Desa Setono, Jenangan, Ponorogo untuk berziarah, Jumat (19/01/2024). Batoro Katong adalah pendiri Kabupaten Ponorogo yang sekaligus putra dari Brawijaya V.

Tiba di lokasi, Ganjar disambut Mbah Nardi, juru kunci makam dan tokoh masyarakat. Saat berjalan menuju makam, Ganjar diserbu pelajar untuk berebut salaman.

Sesampainya di makam, Ganjar melakukan tahlil dan doa bersama yang dipimpin Mbah Nardi. Selanjutnya, Capres nomor urut 3 itu menabur bunga di atas makam Batoro Katong.

Batoro Katong sangat identik dengan Ponorogo. Masyarakat juga mengenalnya sebagai Joko Pitutur atau Joko Piturun atau Haryo Harak Kali adalah pendiri Kabupaten Ponorogo dan juga merupakan adipati pertama di Ponorogo.

Batoro Katong merupakan utusan Kesultanan Demak untuk menyebarkan Islam di Ponorogo.

“Alhamdulillah, Pak Ganjar Pranowo bisa hadir di sini (makam Batoro Katong),” kata Mbah Nardi.

Ia mengapresiasi Ganjar yang berkenan hadir dan berziarah ke makam Batoro Kathong. Mbah Nardi pun mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi presiden 2024.

“Semoga lebih baik dan apa yang menjadi hajat terkabul. Semoga Pak Ganjar menjadi RI satu (presiden),” tandasnya.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close