WhatsApp Bisnis Sebuah Fitur Baru Untuk Para Pelaku UMKM

WhatsApp Bisnis Sebuah Fitur Baru Untuk Para Pelaku UMKM

"Kedepannya, beberapa bisnis akan memiliki akun yang terkonfirmasi setelah akun mereka dikonfirmasi bahwa nomor telepon akun sama dengan nomor telepon bisnis yang dipakai."

WhatsApp Bisnis Sebuah Fitur Baru Untuk Para Pelaku UMKM


Telegraf, Jakarta – Dijaman digital seperti sekarang ini internet memang menyuguhkan aneka ragam peluang bagi bisnis. Bahkan, platform yang awalnya hanya digunakan sebagai jejaring dan media sosial saat ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis dengan cara-cara yang kreatif. Trend ini pun disambut oleh berbagai penyedia platform yang memfasilitasi para pelaku bisnis, khususnya bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk mengembangkan dan mempublikasikan usahanya.

Tak ketinggalan dengan platform instant messaging seperti WhatsApp (WA). Selama ini, selain untuk kebutuhan komunikasi WA kini sudah menjelma sebagai wadah komunikasi bagi para pelaku usaha kecil, mulai dari perusahaan toko online hingga retail dan eceran.

Melihat fenomena tersebut, Facebook mengembangkan WA sebagai platform untuk meningkatkan pengalaman berbisnis. Contohnya, membuat aplikasi menjadi lebih mudah untuk merespons konsumen, memisahkan pesan dari konsumen dengan pesan pribadi, dan membuat akun resmi khusus untuk segmen bisnis.

WhatsApp Bisnis, diluncurkan oleh Facebook pada Jumat, (19/01/2018), sebuah aplikasi untuk mendorong usaha kecil dan menengah yang dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android maupun IOS. Aplikasi terbaru ini akan mempermudah perusahaan untuk terhubung dengan konsumen. Data saat ini,  ada sekitar 1,3 miliar pengguna WA akan semakin nyaman untuk membangun bisnis yang penting bagi mereka.

Kedepannya, beberapa bisnis akan memiliki akun yang terkonfirmasi setelah akun mereka dikonfirmasi bahwa nomor telepon akun sama dengan nomor telepon bisnis yang dipakai.

WhatsApp tetap dapat digunakan seperti biasanya, tanpa perlu mengunduh aplikasi baru. Pengguna WA juga akan tetap memiliki kendali penuh atas pesan yang mereka terima, dengan kemampuan untuk memblokir nomor tertentu, termasuk bisnis, maupun melaporkan spam.

Data dari Morning Consult Study, saat ini ada 90% bisnis kecil dan menengah di Indonesia yang menggunakan WhatsApp berpendapat bahwa WhatsApp membantu mereka berkomunikasi dengan konsumen, dan 85% bisnis kecil dan menengah yang menggunakan WhatsApp berpendapat bahwa WhatsApp dapat membantu mereka mengembangkan bisnisnya, WhatsApp Bisnis juga akan mempermudah orang-orang untuk berkomunikasi dengan mereka dan sebaliknya. (Red)

Photo Credit : Reuters


KBI Telegraf

close