Wapres Pastikan Seluruh Venue Gelaran Asian Games Rampung Juni

“Tadi kita rapat mengevaluasi mengenai kemajuan pembangunan venue. Kita berterima kasih kepada Pak Menteri PU, semua venue di Senayan sudah hampir 90 persen,”

Wapres Pastikan Seluruh Venue Gelaran Asian Games Rampung Juni


Telegraf, Jakarta – Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menggelar rapat persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. Dalam rapat tersebut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Setelah pertemuan tersebut, Jusuf Kalla memastikan seluruh pembangunan fisik venue untuk Asian Games 2018 akan rampung pada Juni mendatang, tinggal mempercantik kawasan dan taman-taman di sekitar Venue.

“Tadi kita rapat mengevaluasi mengenai kemajuan pembangunan venue. Kita berterima kasih kepada Pak Menteri PU, semua venue di Senayan sudah hampir 90 persen,” kata Jusuf Kalla di Sekretariat Inasgoc, Senayan, Senin (19/02/2018).

Namun, menurut JK ada beberapa catatan yang harus diperhatikan yaitu pembangunan venue yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI seperti Velodrome, Equistrian, BMX dan rehabilitasi gedung-gedung olahraga bisa rampung secepatnya.

“Di Palembang juga sudah bagus. Saya yakin, semua venue ini bisa selesai dua bulan sebelum Asian Games. Tidak seperti di Brasil, 20 hari pembukaan, masih bekerja,” ujarnya.

Diakuinya, dalam penyelenggaraan test event selama sepekan 11-15 Februari ditemukan beberapa hal yang harus diperbaiki dan yang sudah berjalan baik. Salah satunya adalah ada beberapa venue yang mengalami kerusakan seperti bocor saat hujan dan terjadi korsleting listrik.

“Tentu banyak daftar panjang dari soal (test event) itu, baik dari sisi penyelenggaraan dan venue. Namun, venue yang rusak itu masih ada tanggung jawab empat bulan dari kontraktor untuk memperbaikinya,” terang Jusuf Kalla.

Hal itu dipertegas oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Bahwa renovasi fisik venue Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sudah rampung 100 persen. Saat ini, pihaknya tinggal menyelesaikan taman-taman yang berada di kawasan venue SUGBK.

“Kalau progres SUGBK sudah rampung 100 persen, yang perlu kita perbaiki adalah kawasan dan taman-tamannya saja. Kemudian di DKI juga, pembangunan Velodrome sudah 83 persen dan Equistrian sudah mencapai 99 persen,” kata Basuki.

Kemudian pembangunan di Kompleks Olahraga Jakabaring, menurut Basuki juga sudah rampung 100 persen. “Yang sedang mau kita kerjakan kawasannya,” ungkapnya. (Red)


Photo Credit : Wakil Presiden dan panitia pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menggelar rapat persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. File/Sopian

KBI Telegraf

close