Wakaf Saham Syariah Melenggang Ke Bursa Melalui SOTS

"Investor Syariah diberikan kemudahan untuk bersedekah, berzakat, danberwakaf sahamhanya dengan sekali instruksl. Peluncuran fitur digital donasi tersebut ditandai dengan peluncuran produk Wakaf Saham pada hari ini"

Wakaf Saham Syariah Melenggang Ke Bursa Melalui SOTS

Telegraf, Jakarta – Merujuk pada statistik di Indonesia pertumbuhan pasar modal syariah burs aefek indonesia menunjukan pertumbuhan yang signifikan, ditandai dnegan kenaikan nvestor syraiah sebeesar 29 persen.

Terkait hal tersebut, PT Henan Putlhfal Sekuntas (HP Sekuritas) menjalln kerjasama dengan Global Wakaf menghadirkan sebuah Iayanan Wakaf Saham yang objeknya berupa saharn syarlah yang memiliki Sistem Online Trading Syariah (SOTS)

Direktur HP Sekuritas Muhamad Yunus mengatakan terus berlnovasi dalam membuat produk donasl dan membenkan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan donasl, yaitu dengan mengembangkan fitur digital donasi yang dapat diakses melaiui SOTSyakni HPX Syariah.

“Investor Syariah diberikan kemudahan untuk bersedekah, berzakat, danberwakaf sahamhanya dengan sekali instruksl. Peluncuran fitur digital donasi tersebut ditandai dengan peluncuran produk Wakaf Saham pada hari ini,” ungkap Yunus.

Sementara itu Presiden Direktur Global Wakaf Syahru Aryansyah menjelaskan Wakaf Saham akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksl jual beli saham syariah Empat pihak tersebut antara lain Global Wakaf selaku nazir, Perusahaan Efek yaknl HP Sekuritas, BEI sebagai regulator, serta masyarakat yang lngin melakukan transaksl saham syariah.

‘Wakaf Saham bertujuan untuk menaajak masyarakat balk lndividu maupun perusahaan untuk bedivstasl sekangus berwakaf saham. Selam dapat manfaat d! dunla, Investor juga lnsya Allah dapat manfaat untuk akhirat. Mekanlsme wakaf saham dislni dapat dtlakukan terhadap saham syanahnya danlatau terhadap has,” ungkap Riyan pangilan akrab Syahru Aryansyah.

Ryan menjelaskan. saham dan/atau hasll investasl saham yang diwakafkan tersebut akan dlgunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat atau mauquf slam, salah satunya program Rite! Wakaf dumana kehadirannya telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar tirel tersebut.

Ditemui di tempat yamg sama Fadilah Direktur Utama Pasar Modal Syariah mengungkapkan wakaf saham bukan saja bermanfaat dalam memberikan alternatif kegunaan wakaf produktif melalui inatrumen pasar modal namun juga melengkapi produk produk filantropi islam yang sudah ada di pasar modal syariah.

“Praktek industri keuangan syariahmerupakan bagian dari implementasi konsep fikih muamalah oleh karenanya dalam penerapan Syariah termasuk pasar modal syatiah tidak boleh semata-mata mencari keuntungan namun juga harus berorientasi pada kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Lanjut Fadilah dalam konsep Islam mengenal zakat infaq shodaqoh dan wakaf sebagai instrumen untuk mengentaskan kemiskinan hal ini juga sejalan dengan pelaksanaan tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau SDGS diantara ke empat unsur tersebut wakaf merupakan dana sosial yang paling fleksibel dari sisi perolehan dan penggunaannya. (Red)


Credit Photo : ilustrasi




Komentar Anda