Trump Pecat Tillerson dari Jabatan Menlu Secara Mendadak

Trump Pecat Tillerson dari Jabatan Menlu Secara Mendadak

“Presiden ingin memastikan memiliki tim baru menjelang perundingan mendatang dengan Korea Utara (Korut) dan berbagai negosiasi perdagangan yang sedang berlangsung,”

Trump Pecat Tillerson dari Jabatan Menlu Secara Mendadak


Telegraf, Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi memecat Menteri Luar Negeri (Menlu) Rex Tillerson dan menggantinya dengan Direktur CIA Mike Pompeo.

Trump menulis di Twitter nya bahwa dia berterima kasih atas jasa Tillerson. Trump mengatakan, menlu baru akan melakukan pekerjaan fantastis. Tillerson merupakan mantan Chief Executive Officer (CEO) ExxonMobil dan baru dipilih menempati jabatan itu setahun lalu.

Presiden AS juga menunjuk Gina Haspel menjadi direktur perempuan pertama CIA. Pejabat Gedung Putih menjelaskan pada BBC tentang waktu pengumuman pemecatan itu.

“Presiden ingin memastikan memiliki tim baru menjelang perundingan mendatang dengan Korea Utara (Korut) dan berbagai negosiasi perdagangan yang sedang berlangsung,” kata pejabat Gedung seperti dilansir BBC.

Saat bicara pada media di luar Gedung Putih pada Selasa (13/03/18), Trump menyatakan perbedaannya dengan Tillerson menjadi pribadi. “Kami sepanjang ini cukup baik, tapi kami berbeda dalam berbagai hal. Saat Anda melihat kesepakatan Iran, saya pikir itu mengerikan. Saya duga di berpikir itu OK,” ujar Trump, Selasa (13/03/18).

“Saya ingin memecah ini atau melakukan sesuatu dan dia merasa sedikit berbeda, jadi kami tidak benar-benar berpikir sama. Dengan Mike, Mike Pompeo, kami memiliki proses berpikir yang sangat serupa. Saya pikir ini akan berjalan sangat baik,” kata Trump.

Trump menambahkan, “Rex pria yang sangat bagus saya banyak menyukai Rex.”

Rex Tillerson merupakan eksekutif korporat yang merupakan pilihan tidak biasa untuk posisi menlu. Dia pun hanya menjabat sebentar dalam posisi menlu tersebut.

Dia kurang dipercaya oleh para pegawai senior Departemen Luar Negeri (Deplu) AS yang menganggapnya sebagai orang luar dengan sedikit kedekatan pada departemen yang dia pimpin. Trump awalnya memuji Rex sebagai sesama orang Texas tapi presiden segera berbeda pendapat dengan Rex.

Rex Tillerson pernah menyebut Trump sebagai presiden bodoh sehingga pernyataan itu kian membuat hubungan keduanya semakin renggang. (Red)


Photo Credit : Donald Trump pecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dan menggantinya dengan Direktur CIA Mike Pompeo. | AFP/Kevin Dietsch

KBI Telegraf

close