Trump Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian

"Tidak peduli bagaimana Trump bertindak di rumah dan apa yang dia katakan di konferensi pers, dia benar-benar memiliki kesempatan untuk mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian,''

Trump Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian

Telegraf – Donald Trump telah dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021. Nominasi tersebut datang dari politisi sayap kanan Norwegia Christian Tybring Gjedde dan terkait dengan ‘perjanjian perdamaian bersejarah’ antara Israel dan Uni Emirat Arab.

‘Terima kasih!’ cuit presiden AS setelah berita itu dipublikasikan.

Dia juga me-retweet seorang komentator sayap kanan yang berkata: ‘Dapatkah Anda membayangkan kerusuhan dan amukan dari massa sayap kiri ketika Presiden Trump terpilih kembali dan dia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian di tahun yang saman. Ini akan menjadi mulia 🙂 ”

Israel dan Uni Emirat Arab bulan lalu menyetujui kesepakatan untuk normalisasi hubungan dan dijadwalkan untuk menandatanganinya pada upacara Gedung Putih pada 15 September.

“Tidak peduli bagaimana Trump bertindak di rumah dan apa yang dia katakan di konferensi pers, dia benar-benar memiliki kesempatan untuk mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian,” kata Tybring Gjedde.

Dia mengatakan dia menominasikan Trump untuk hadiah hari ini, menambahkan bahwa ‘Donald Trump memenuhi kriteria’.

Tahun lalu, Donald Trump berkata: “Saya pikir saya akan mendapatkan Hadiah Nobel untuk banyak hal, jika mereka memberikannya secara adil, padahal tidak. ‘Mereka memberikannya – yah, mereka memberikannya kepada Obama segera setelah dia naik ke kursi kepresidenan, dan dia tidak tahu mengapa dia mendapatkannya,”.

Mereka yang menerima penghargaan bergengsi – yang sebelumnya pernah menjadi pemenang termasuk Malala Yousafzai dan Nelson Mandela – biasanya dirahasiakan, kecuali mereka yang mencalonkan mereka memutuskan untuk go public.

Baca Juga :   Kim Jong Un Minta Maaf Atas Ditembak Matinya Pejabat Korsel

Jumlah calon penerima Nobel Perdamaian tahun 2020 sebanyak 318 orang, 211 di antaranya individu dan 107 organisasi. 318 adalah jumlah kandidat tertinggi keempat yang pernah ada dengan rekor 376 kandidat saat ini yang dicapai pada tahun 2016.

Mereka yang memenuhi syarat untuk menominasikan seseorang untuk Hadiah Nobel Perdamaian adalah tokoh masyarakat, termasuk politisi nasional, profesor, dan mantan pemenang hadiah.

Pada bulan Februari dan Maret setiap tahun, nominasi diciutkan. Pemenang diumumkan pada bulan Oktober.


Photo Credit: Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Getty Images

 

Indra Christianto