Tingkatkan Layanan, Jamsyar dan 13 LK Kerjasama Dengan Dukcapil Dalam Pemanfaatan NIK

“Di era digital sekarang masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat termasuk layanan dokumen kependudukan dan layanan perbankan, sementara lembaga keuangan pun di sisi lain sangat membutuhkan jaminan keamanan serta akurasi data dalam memberikan layanan perbankan. Kerjasama ini memberikan dampak positif baik untuk negara dan lembaga keuangan. Bagi negara kerjasama ini membantu melengkapi serta meningkatkan akurasi serta memperkaya basis data kependudukan, sementara lembaga keuangan mendapatkan keamanan, keakuratan serta kemudahan dalam verifikasi data penduduk"

Tingkatkan Layanan, Jamsyar dan 13 LK Kerjasama Dengan Dukcapil Dalam Pemanfaatan NIK


Telegraf, Jakarta – PT Penjaminan Jamkrimdo Syariah beserta 13 Lembaga Keuangan (LK) bekerjasama dengan Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kerjasama ini dilakukan untuk akses pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK), data kependudukan dan KTP elektronik (KTP el) sebagai upaya peningkatan layanan kepada nasabah.

Penandatanganan Kerjasama ini dilakukan oleh Plt. Direktur Utama Gatot Suprabowo dan Direktur Operasional Achmad Sonhadji serta perwakilan dari 14 LK serta Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh, di Jakarta (16/7).

Dalam perjanjian tersebut terdapat 3 jenis layanan yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga keuangan, yaitu: akses data perseorangan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka verifikasi data calon nasabah dan/atau nasabah, pemadanan database nasabah masing-masing lembaga keuangan sehingga database masing-masing lembaga keuangan bisa semakin akurat, dan terakhir akses pemanfaatan data melalui penggunaan perangkat pembaca KTP-el guna verifikasi keaslian KTP-el setiap nasabah dan/atau calon nasabah.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan akan kecepatan pelayanan sangatlah dibutuhkan seperti pelayanan perbankan, dan layanan dokumen kependudukan, selain kecepatan, keamananpun serta akurasi data juga penting.

“Di era digital sekarang masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat termasuk layanan dokumen kependudukan dan layanan perbankan, sementara lembaga keuangan pun di sisi lain sangat membutuhkan jaminan keamanan serta akurasi data dalam memberikan layanan perbankan. Kerjasama ini memberikan dampak positif baik untuk negara dan lembaga keuangan. Bagi negara kerjasama ini membantu melengkapi serta meningkatkan akurasi serta memperkaya basis data kependudukan, sementara lembaga keuangan mendapatkan keamanan, keakuratan serta kemudahan dalam verifikasi data penduduk,” ungkapnya dalam rilisnya Rabu, (16/7)

Diketahui terhitung sampai dengan tanggal 16 Juli 2019, jumlah penduduk yang sudah melakukan perekeman KTP-elektronik telah mencapai 98.93%, dan Hingga saat ini sebanyak 1.227 lembaga telah melakukan kerja sama pemanfaatan data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil.

Baca Juga :   Dukung Pembayaran Nontunai, Bank Muamalat Luncurkan Fitur Debit Online Kartu Shar-E Muamalat

Arif menjelaskan kami optimis cita-cita besar Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mewujudkan ekosistem nasional sadar administrasi kependudukan segera dapat terwujud. (Red)


Credit Photo : Tingkatkan Layanan, Jamsyar dan 13 LK Kerjasama Dengan Dukcapil Dalam Pemanfaatan NIK


Atti K.

close