Tingkatkan Inklusi Keuangan OJK Sasar Pondok Pesantren di Hari Santri Nasional

Oleh : Atti K.

Telegraf – Dalam Rangka tingkatkan literasi dan inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) Syariah
menggelar rangkaian kegiatan.

Bertempat di Pondok Pesantren Al-Munnawir Krapyak, Bantul, Jogjakarta, OJK meriahkan Hari santri Nasional 2022 deengan mengambil “SAKINAH” (Santri Cakap Literasi Keuangan Syariah).

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi , Sekertaris Jendral Masyrakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Haaruman Achsien, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas V.M Tarihoran, serta serentak di lakukan di 4 pondok pesantren melalui daring yaitu Pondok Pesantren Darunajah Jakarta, Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Luwipanjan Banten, Pondok Pesantren API Ayubbanul Wethon Secang, Magelang dan Pondok Pensantren Al Anwar Bangkalan, Madura.

Santri didorong memiliki tingkat literasi keuangan yang baik agar dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam mengakses keuangan (inklusi) pada
lembaga jasa keuangan formal. hal tersebut di ungkapkan Friderica dalam sambutannnya Sabtu (22/10)

“Pada intinya belajar keuangan itu adalah kemampuan kita untuk dapat mandiri secara keuangan nantinya. Karena sebetulnya ilmu tentang pengelolaan keuangan adalah essential life skill atau keterampilan hidup yang sangat penting dibutuhkan oleh kita
semua,” ungkap Friderica.

Friderica menjelaskan pesantren memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan bukan hanya sebagai pusat pendidikan keagamaan tapi juga berperan sebagai pusat pemberdayaan salah satunya melalui pengenalan dan pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan.

Lanjut Friderika tingkat literasi keuangan yang baik juga dapat menumbuhkan kesadaran mengenai
kewaspadaan terhadap penawaran investasi ilegal/bodong yang marak terjadi di
masyarakat.

Friderika berharap pelaksanaan Perayaan Hari Santri Nasional 2022 di pondok pesantren diharapkan juga
dapat memberikan multiplier effect kepada lingkungan sekitar, mengingat peran penting santri di lingkungannya, kegiatan edukasi keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan pada masyarakat sehingga dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan agar tidak terjerumus pada utang yang konsumtif atau penipuan yang berkedok investasi.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close