Terkait Status Ketua KPK, Kapolri: Terlapor Bukan Tersangka

"Kami ingin menjaga hubungan dengan semua lembaga. Termasuk KPK,"

Terkait Status Ketua KPK, Kapolri: Terlapor Bukan Tersangka


Telegraf, Jakarta – Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan bahwa status Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang tertera dalam Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) mengenai kasus dugaan tindak pidana pembuatan surat palsu dan penyalahgunaan wewenang adalah sebagai terlapor. “Terlapor ya. Bukan tersangka,” kata Tito di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, (09/11/2017).

Tito menuturkan sudah memanggil tim penyidik Kamis pagi, termasuk Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigadir Jenderal Herry Rudolf Nahak. “Saya tanya bagaimana proses kasusnya dan kenapa terbit SPDP,” ujar Tito.

Tito berujar tidak mau timbul kegaduhan dengan adanya kasus ini. “Kami ingin menjaga hubungan dengan semua lembaga. Termasuk KPK,” kata Tito.

Sebelumnya, kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi, mengatakan bahwa laporannya mengenai status kasus dugaan tindak pidana pembuatan surat palsu dan penyalahgunaan wewenang dengan terlapor Saut Situmorang dan Agus Rahardjo, naik ke tahap penyidikan.

Fredrich menunjukkan tembusan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) bernomor B/263/XI/2017/Dittipidum yang diterima pelaporoleh Sandy Kurniawan dan ditunjukkan oleh Fredrich Yunadi sebagai rekan pelapor

KBI Telegraf

close