Telkomsel dan Huawei Tingkatkan Jaringan Gedung Tinggi

“Selain untuk meningkatkan kualitas jangkauan jaringan dalam ruangan, antena high-gain akan membantu pelanggan kami dalam menekan biaya modal atau CapEx serta biaya operasional atau OpEx guna mengoptimalkan efektivitas biaya dan beragam manfaat lain, seperti pembangunan dan time-to-market yang makin cepat,”

Telkomsel dan Huawei Tingkatkan Jaringan Gedung Tinggi


Telegraf – Huawei dan Telkomsel meluncurkan solusi antena high gain narrow bearn. Ini merupakan inovasi yang dilakukan untuk mendukung antena luar ruang dalam menghadirkan jaringan yang mampu menjangkau berbagai titik di area dalam ruangan.

Solusi ini dapat memberikan cakupan jaringan dalam ruangan yang meningkat secara signifikan. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan pengalaman lebih baik ke depannya, terutama bagi mereka yang berada di perkantoran atau apartemen di gedung-gedung bertingkat.

Inovasi ini merupakan hasil kerjasama Huawei dan Telkomsel yang dimulai sejak kuartap pertama tahun 2020. Melalui serangkaian riset dan diskusi bersama, perusahaan teknologi dan komunikasi ini menemukan sejulah kendala terkait jaringan lemah akibat penggunaan sistem indoor yang masih tradisional dengan titik tersebar.

“Selain untuk meningkatkan kualitas jangkauan jaringan dalam ruangan, antena high-gain akan membantu pelanggan kami dalam menekan biaya modal atau CapEx serta biaya operasional atau OpEx guna mengoptimalkan efektivitas biaya dan beragam manfaat lain, seperti pembangunan dan time-to-market yang makin cepat,” ujar Vice President of Antenna Business Unit of Huawei’s Wireless Network Zhang Jianwei.

Meski telah menemukan masalah yang harus diselesaikan, rencana peluncuran inovasi ini tidak berjalan mudah karena sejumlah kendala yang muncul. Beberapa di antaranya proses akuisisi lahan, biaya sewa yang tinggi hingga waktu time to market (TTM) yang molor.

Namun, pada tahun ini, Huawei dan Telkomsel berhasil mengumumkan kesiapan mereka meluncurkan solusi dengan mengadopsi antena mutakhir. Sehingga rasio gain antara sinyal yang dipancarkan dan diterima meningkat. Proses konfigurasi pun menjadi lebih fleksibel pada lokasi-lokasi base transceiver station (BTS).

Baca Juga :   TikTok Ajak Pelaku UKM Fesyen Tampil Lebih Kreatif

“Melalui inovasi bersama Huawei, Telkomsel akan terus menyempurnakan jangkauan jaringan dalam ruang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan jaringan broadband hingga menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan mendukung masyarakat dengan konektivitas prima,” pungkas Vice President of Network Planning and Engineering Telkomsel Akhmad Madces.


Photo Credit: Landmark Kantor Telkomsel di Jakarta. FILE/Dok/Ist. Photo

 

Didik Fitrianto

close