Connect with us

Technology

Literasi Digital Targetkan Jangkau 100 Juta Orang

Published

on

Photo Credit: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. ANTARA/Galih Pradipta

Telegraf – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate berharap, empat pilar modul dan kurikulum literasi digital yang telah disusun dapat diberikan kepada 100 juta masyarakat di Indonesia. Sehingga, masyarakat dapat mengetahui esensi yang sebenarnya dalam menggunakan ruang digital.

Empat modul dan kurikulum tersebut antara lain Budaya Bermedia Sosial, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Cakap Bermedia Digital.

“Setidaknya dalam empat tahun ke depan kita memberikan pelatihan digital bagi 100 juta rakyat kita,” katanya saat meluncurkan Empat Modul dan Kurikulum Literasi Digital melalui siaran virtual pada Akun YouTube Siberkreasi, Jumat (16/04/2021).

Berbekal empat modul tersebut, kondisi ruang digital di dalam negeri berpotensi akan semakin lebih baik. Ukurannya, banyak pengguna dunia digital untuk keperluan yang bersifat positif maupun produktif dalam beberapa waktu ke depan.

Modul yang dirumuskan akan menjadi kecakapan dasar yang harus dimiliki oleh masyarakat dalam negeri ketika mengakses dunia maya. Dengan begitu, setiap pengguna dapat mengetahui berbagai pengetahuan yang berkaitan penggunaan ruang digital.

“Modul-modul kurikulum yang paling dasar untuk kepentingan masyarakat agar bisa menggunakan uang digital secara bermanfaat,” terangnya.

Dalam memperluas pelatihan yang ada pada empat modul ini, pihaknya akan menggandeng sebanyak 110 pemerintah daerah, instansi pemerintah hingga organisasi kemasyarakatan. Sebab, lembaga-lembaga tersebut, merupakan garda terdepan dalam upaya penyebaran pengetahuan yang berada di atas.

Peran pemerintah tersebut, disinyalir akan membuat keterlibatan masyarakat menjadi semakin masif di wilayahnya masing-masing. Dengan begitu, daya jangkau kepada masyarakat pengguna ruang digital dapat dilakukan secara optimal.

“Perlu kerja kolaboratif kerja bersama-sama seluruh kementerian, melibatkan setidaknya 110 lembaga dan organisasi organisasi kemasyarakatan,” imbuhnya.

Diharapkan, ketika masyarakat luas mengikuti kegiatan kali ini, maka dapat saling menularkan energi positif ini. Sehingga saling membagikan pengetahuan yang didapatkan melalui modul kepada sesama pengguna ruang digital.

“Mengajak para ibu rumah tangga, bapak dan ibu. Untuk mendidik dan mengajak serta anak-anaknya dan mengambil bagian untuk menjelaskan kepada para kakek dan nenek,” pungkasnya.


Photo Credit: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. ANTARA/Galih Pradipta

Koes Anindya

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Technology

Empat Keunggulan Fitur Untuk Ngonten di Galaxy A23 5G

Published

on

By

Photo Credit : Galaxy A23 5G yang menawarkan performa Awesome/Doc/Samsung

Telegraf – Kemajuan teknologi membuat Samsung Electronics Indonesia terus berinofasi menghadirkan smart phone menunjang kebutuhan anak anak yang masuk kategori Genx Z.

“Menjawab tren dan kebutuhan anak muda di berbagai platform digital untuk post konten-konten Awesome, Galaxy A23 5G hadir dengan kamera Awesome berkat Quad Camera 50MP yang dilengkapi Optical Image Stabilization (OIS) untuk bikin tiap foto lebih jernih, bahkan saat kondisi minim cahaya, dan video jadi lebih smooth. Tak ketinggalan, ada fitur seperti Night Mode hingga AR Zone yang pas banget sama selera Gen Z dalam bikin konten. Galaxy A23 5G ini pun benar-benar didesain khusus untuk memaksimalkan passion mereka dalam content creation demi menikmati digital lifestyle yang lebih Awesome,” ungkap Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia di jakarta Senin (26/9) melalui zoom meeting.

Ricy menjelaskan untuk mengabadikan berbagai aktivitas digital lifestyle, mulai dari main game hingga mengabadikan momen berharga dalam keseharian dalam bentuk konten foto maupun video, Samsung menghadirkan galaxi A23 5G.

Untuk menunjang kebutuhan Gen Z dalam membuat konten, Galaxy A23 5G ditenagai prosesor Snapdragon 695 yang mendukung jaringan 5G serta RAM 6GB yang bisa dimaksimalkan dengan RAM Plus hingga 6GB sehingga buka aplikasi media sosial maupun content editing secara sekaligus jadi nggak nge-lag.

Lanjutnya Galaxy A23 5G ditenagai prosesor Snapdragon 695 yang mendukung jaringan 5G serta RAM 6GB yang bisa dimaksimalkan dengan RAM Plus hingga 6GB sehingga buka aplikasi media sosial maupun content editing secara sekaligus jadi nggak nge-lag. Ruang penyimpanan yang tidak cepat habis berkat memori internal 128GB dan memori eksternal yang bisa ditambahkan hingga 1TB bikin kamu bisa simpan foto dan video tanpa khawatir memori cepat penuh.Tidak kalah penting Samsung Galaxi A23 5G juga di lengkapi dengan NFC untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Buat kamu para Gen Z, ada empat fitur kamera Awesome di Galaxy A23 5G yang siap kamu andalkan untuk bikin konten-konten kekinian, antara lain 50MP OIS Quad Camera untuk abadikan momen dengan foto dan video kualitas terbaik. Fitur OIS bikin foto lebih cerah dan video lebih smooth di segala kondisi.Fitur Night Mode dukung kamu abadikan momen tanpa khawatir kondisi low light dan memilikiAR Zone buat kamu bebas berekspresi dengan emoji.

Koes Anindya

Bagikan Artikel
Continue Reading

Technology

Ini 4 Fitur Mabar Yang Bisa Lebih Lancar di Samsung Galaxy A33 5G

Published

on

By

Photo Credit : Tak-perlu-menunggu-lama-saat-mengecas-perangkat-dan-bisa-cepat-lanjut-mabar-dengan-5000mAh-baterai-25W-fast-charging-di-Galaxy-A33-5G/Doc/Samsung

Telegraf – Samsung kembali meluncurkan mobile gaming dengan vitur vitur yang memaksimalkam bermain game, yaitu Samsung Galaxy A33 5G dengan 4 fitur.

Saat ini, tren mobile gaming kian meningkat dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan untuk mengisi waktu luang. Berdasarkan survei 1 jumlah mobile gamer di Indonesia mencapai angka 114 juta. Selain itu, diketahui juga bahwa pada tahun 2021, di Indonesia terdapat peningkatan jumlah unduhan mobile game sebanyak 26% dari periode sebelumnya.

Namun, tidak jarang para mobile gamer merasa performa gaming menggunakan smartphone mereka belum maksimal dikarenakan banyaknya gangguan seperti lagging, notifikasi yang muncul di tengah permainan, aplikasi gaming yang terletak tidak beraturan, hingga baterai yang cepat habis.

Memahami hal ini, Samsung menghadirkan solusi untuk para gamer yang memungkinkan mereka untuk dapat meningkatkan performa bermain game dengan pengalaman yang makin seru berkat dukungan fitur-fitur Awesome dari Galaxy A33 5G yang dapat diandalkan.

“Galaxy A33 5G hadir dengan harga mulai dari 4 jutaan yang didukung dengan fitur-fitur Awesome yang memungkinkan pengguna untuk dapat merasakan pengalaman mobile gaming dengan performa yang lebih optimal. Seiring dengan semakin populernya mobile gaming, terutama di kalangan Gen Z, industri esports di Indonesia pun juga menjadi semakin bergairah. Melihat fakta tersebut, Samsung terinspirasi untuk terus membantu mengasah bakat dan meningkatkan kemampuan Generasi Awesome di bidang esports, dan komitmen tersebut kami tunjukkan melalui Galaxy A Series yang mendukung penyelenggaraan MPL Indonesia Season 10 dan menjadi official smartphone partner untuk Piala Presiden Esports 2022,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Untuk itu, berikut cara memaksimalkan 4 fitur Awesome Gaming di Galaxy A33 5G untuk tingkatkan performa gaming kamu:

1. Aktifkan Game Launcher untuk fokus gaming dalam satu aplikasi
Memainkan game yang sama terus menerus memang membosankan.
Langkah-langkah berikut:
1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Fitur Lanjutan
2. Pilih icon Game Launcher untuk mengaktifkannya
3. Icon Game Launcher akan berwarna biru jika telah diaktifkan
4. Games yang diunduh di Play Store dan Galaxy Store akan secara otomatis muncul di layar Game Launcher.

2. Maksimalkan fitur Game Booster untuk gaming super ngebut
Selain performa yang lambat dan koneksi jaringan yang lemot, tidak ada lagi yang lebih bikin kesal saat gaming dibanding banyaknya gangguan seperti notifikasi yang sering muncul di layar dari berbagai aplikasi, bahkan tidak jarang tiba-tiba ada telpon yang bisa mengganggu fokus saat push rank.

Berikut cara bikin performa saat main game jadi lebih ngebut dengan fitur Game Booster:
1. Buka aplikasi Game Launcher dari app drawer
2. Tap ikon yang ada di kanan bawah layar
3. Pilih opsi Game Booster
4. Pilih Optimisasi Game
5. Pilih Performa
3. Manfaatkan Game Plugins untuk atur performa gaming dengan lebih fleksibel

3. Booster Plus yang memungkinkan kita memilih mode gaming yang sesuai keinginan seperti:
1. Mode Max FPS yang memaksimalkan FPS dan performa CPU/GPU
2. Mode High quality yang memberikan kualitas grafis paling prima
3. Mode balance yang menghadirkan keseimbangan antara performa CPU/GPU, kualitas FPS
yang lebih stabil, dan grafis yang tetap mumpuni
4. Mode Battery Saving untuk gaming lebih lama yang hemat daya baterai.

Dan yang ke empat adalah gunakan fitur Mode Prioritas untuk pengalaman gaming bebas gangguan notifikasi salah satu gangguan yang paling sering dirasakan oleh gamer adalah lagging di tengah permainan.

Prioritas yang terdapat di dalam Galaxy A33 5G dengan cara:
1. Buka aplikasi Game Launcher lalu aktifkan Mode Prioritas
2. Atau swipe garis yang berada di kanan bawah pada tampilan layar saat posisi landscape
sebelum memulai game, lalu klik ikon Game Booster, dan aktifkan Mode Prioritas

Koes Anindya

Bagikan Artikel
Continue Reading

Technology

Bocornya 105 Jutaan Data KPU, Pakar Siber: Kasus Lama Warisan Pemilu

Published

on

Diduga lebih dari 105 juta data dijual oleh anggota forum bernama Bjorka di laman itu dengan judul Indonesia Citizenship Database From KPU 105M. Dia juga mencantumkan logo KPU di situs tersebut. FILE/Kompas
Diduga lebih dari 105 juta data dijual oleh anggota forum bernama Bjorka di laman itu dengan judul Indonesia Citizenship Database From KPU 105M. Dia juga mencantumkan logo KPU di situs tersebut. FILE/Kompas

Telegraf – Sebanyak 105 juta data Warga Negara Indonesia (WNI) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) diduga bocor. Dugaan adanya kebocoran data penduduk Indonesia milik KPU itu terkait dengan serangan siber, yang kini menjadi isu yang terus bergulir, hingga hal itu juga menyita perhatian Menteri Kominfo Johnny G. Plate yang mengajak mengonfirmasi  ke Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN sebagai leading sektor teknis siber, menanggapi langkah apa yang sudah dilakukan oleh Kementerian Kominfo dalam menghadapi kebocoran data itu.

Dugaan kebocoran data itu sendiri, terungkap dari unggahan Bjorka, pada (06/09/2022) di Breached Forums atau Breached.to. Bjorka mengklaim data itu berasal dari KPU sebanyak 105.003.428 penduduk, meliputi data NIK, KK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, serta usia.

Diungkapkan data itu disimpan dalam file berukuran 20 GB atau 4 GB setelah dikompres, kedalam format CSV. Untuk membuktikan bahwa data itu asli, Bjorka pun memberikan sekitar dua juta sampel data gratis.

Bjorka juga mengungkapkan terjadinya kebocoran data hasil registrasi ulang SIM Card. Data tersebut juga diduga telah diperjualbelikan di salah satu situs hacker. Akun Bjorka itu juga mengaku telah mengumpulkan data itu dari tahun 2017 hingga 2020. Sejumlah nama operator telekomunikasi pun ikut tertera dalam data yang ditampilkan Bjorka, yaitu Telkomsel, Indosat, Tri, XL, dan Smartfren.

Menanggapi hal ini, Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) Ardi K. Sutedja menilai bahwa, kasus kebocoran data KPU yang ditawarkan di forum Breached.to tersebut, sebagai kasus lama.

Kebocoran data ini diawali dengan kasus KTP elektronik (e-KTP), di mana banyak pihak memiliki salinan database dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Pada saat itu pemerintah belum paham tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) dan banyak pejabat maupun aparat tidak peduli dan paham esensinya,” katanya pada Telegraf, melalui pesan singkat, Kamis (08/09/2022).

Menurut Ardi, database Dukcapil, selain dikelola oleh pemerintah ternyata juga dikelola oleh kontraktor hingga vendor-vendor dari luar.

Data-data itu sendiri ditawarkan seharga 5.000 USD atau setara dengan Rp 74,4 juta.

“Jadi data kita sudah terlanjur disalin dan tidak pernah diusut tuntas hingga kini,” terangnya.

Menurutnya, terkait dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu di Indonesia, Ardi menilai terdapat warisan dari UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Dimana UU tersebut, KPU diwajibkan berbagi database lengkap dengan kontestan Pemilu.

Tapi, penggunaan data tersebut oleh kontestan Pemilu tidak pernah diaudit dan diusut secara tuntas.

“Disini juga terjadi ketidaktahuan pembuat UU terkait perlindungan data pribadi,” imbuhnya.

Untuk itu, Ardi berharap pejabat maupun pemangku kepentingan di Indonesia tidak asal ngomong jika tidak memiliki pengetahuan dan wawasan soal keamanan Siber dan PDP.

“Banyak pejabat dan narsum yang dikutip juga masih terkesan tidak memiliki wawasan dan pengetahuan yang minimum tentang keamanan siber dan perlindungan data,” tegasnya.

Koes Anindya

Bagikan Artikel
Continue Reading

Technology

Tri Ajak Gen Z Gali Potensi Melalui #IniWaktunyaKita

Published

on

By

Photo Credit : #IniWaktunyaKita/Doc/Tri

Telegraf – Menurut data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah Gen Z mencapai 75,49 juta jiwa (27,94 persen) dari total penduduk. Penetrasi internet tertinggi pun merupakan Gen Z dengan rentang usia 13-18 tahun, yang mencapai 99,16 persen.

Penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh Gen Z, yang disebut iGeneration, yaitu generasi internet/generasi net. Melihat Peluang tersebut Indosat Ooredoo Hutchison, melalui brand Tri berupaya memenuhi kebutuhan Gen Z melalui ekosistem produk digital yang komprehensif dan terintegrasi.

Tri mengajak seluruh Generasi Z (Gen Z) Indonesia bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai menggali potensi dalam diri dan berkarya di dunia digital termasuk media sosial melalui gerakan #IniWaktunyaKita.

“Inisiasi Tri melalui gerakan #IniWaktunyaKita merupakan wujud komitmen dalam memberdayakan generasi muda untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya di dunia digital. Gen Z dengan berbagai talenta yang dimiliki perlu kita dukung dan fasilitasi, untuk bisa memanfaatkan dunia digital secara positif dan kreatif, menghasilkan karya digital sesuai dengan jati diri dan passion mereka, dan sekarang adalah waktunya,” ungkap Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh dalam keterangan pers yang di kiterima redaksi telegraf, Sabtu (3/9).

Ia mengungkapkan Tri juga mengajak para content creator muda Indonesia dalam menyuarakan gerakan #IniWaktunyaKita, dengan mendorong Gen Z melalui konten-konten digital sesuai dengan passion dan minat dari masing-masing creator, mulai dari seni, komedi, performance, fashion, hingga gaming.

Clara Mongstarsalah satu conten creator yang tergabung dalam gerakan tersebut mengatakan sebagai bagian dari generasi muda Indonesia, penting bagi kita untuk berkarya dengan memberikan konten yang positif, terutama di dunia digital.

“Saya juga sangat mendukung gerakan #IniWaktunyaKita dari Tri untuk bisa membantu generasi muda Indonesia memaksimalkan potensi mereka dengan menggunakan platform yang tepat,” kata
Clara.

Selain clara jajaran content creator muda yang tergabung dalam gerakan ini di antaranya Erica Richardo, BTR Ryzen, Emil Mario, Iben Ma, Joshua Kenji, Indra Frimawan, Sisca JKT 48, dan banyak content creator lainnya. Melalui gerakan ini, mereka menyuarakan harapan mereka untuk generasi muda di Indonesia dengan berbagai hal yang lebih baik, mencakup semangat untuk berkarya dan berkreasi secara positif, kreatif, dan original, menumbuhkan jiwa kompetitif yang sehat, dan memacu daya saing yang tinggi.

Koes Anindya

Bagikan Artikel
Continue Reading

Technology

Pecinta Samsung, Ini Produk Teranyar Samsung yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Published

on

By

Photo Credit : Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G Mendukung Anya, Reza, Pevita, Raline dan Darius Do Greater dalam Keseharian/Doc/Samsung

Telegraf – samsung kembali mer releas tiga produk sekaligus untuk para pencinta samsung di Indonesia yaitu Galaxy Z Fold4 5G, Galaxy Z Flip4 5G, Galaxy Watch5 Series.

“Pada tahun 2019, Samsung membuat kategori baru dengan Galaxy Z Fold pertama. Tahun ini, kami siap untuk melanjutkannya dengan inovasi yang lebih canggih. Dikombinasikan dengan Galaxy Ecosystem terbaru, kami mengajak Anda membuka dunia baru, meraih lebih banyak kemungkinan, dan menciptakan pengalaman yang lebih seru,” ujar Simon Lee, President Samsung Electronics Indonesia dalam pres confrance, di ajakarta, Kamis (2/9).

Lanjutnya Kami hadirkan inovasi untuk mengekspresikan diri dengan FlexCam dan mengejar produktivitas lebih tinggi dengan fitur-fitur multitasking. Kini, saatnya kita ciptakan pengalaman yang lebih luar biasa dari sebelumnya dengan smartphone layar lipat terbaru kami, Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G, lengkap dengan Galaxy Ecosystem.

Hadir dalam peluncuran Raline Shah aktres berbakat tanah air, yang mengatakan bahwa Galaxy Z Fold4 5G merupakan smartphone Samsung paling powerful berkat performa dan kemampuan multitasking yang lebih canggih dibanding seri-seri pendahulunya.

“Sejak pakai Galaxy Z Fold4 5G, produktivitas aku is on another level karena fitur multitasking-nya canggih banget! Dengan fitur Taskbar, aku bisa buka aplikasi yang sering dipakai secara instan. Aku juga bisa buka tiga aplikasi favorit sekaligus lewat shortcut khusus pakai fitur App Pair. That’s why aku tertarik untuk langsung upgrade ke Galaxy Z Fold4 5G yang bisa jadi companion andalan aku untuk kerja,” ungkap Raline.

Hal senada juga diungkapkan oleh aktor Darius Sinathrya juga mengandalkan Galaxy Z Fold4 5G sebagai daily driver. Sebagai pengguna Galaxy Z Fold3 5G, yang bisa diandalkan.

“Upgrade fitur dan inovasi yang signifikan di Galaxy Z Fold4 5G yang membuat semakin jago multitasking dan always perform greater dalam menjalani produktivitas di tengah berbagai kesibukannya. Fitur Multi Window yang bisa buka tiga aplikasi sekaligus kini bisa diakses dengan lebih cepat berkat swipe gesture yang bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan sesuai preferensinya untuk membuat banyak pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan mudah,” tuturnya.

Koes Anindya

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close