Taufik Kiemas Dapatkan Penghargaan Sebagai ‘Bapak Empat Pilar MPR RI’

"Sejak awal kemerdekaan hingga saat ini, MPR telah mengalami perubahan mendasar dalam hal kedudukan dan wewenangnya. Perubahan itu terjadi sebagai akibat dari perubahan sistem politik ketatanegaraan pada tahun 1949 sampai dengan tahun 1959, dan refomasi konstitusi melalui perubahan Undang-Undang Dasar yang dilakukan oleh MPR pada 1999 sampai dengan 2002,"

Taufik Kiemas Dapatkan Penghargaan Sebagai ‘Bapak Empat Pilar MPR RI’

Telegraf – MPR RI menggelar syukuran peringatan HUT MPR yang ke-75, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (29/08/2020), dengan tema ’75 Tahun MPR Mewujudkan Indonesia Maju’.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan perjalanan sejarah MPR dalam kurun waktu 75 tahun Indonesia merdeka telah mengalami pasang surut, cerah mendung, terang gelap sejalan dengan kondisi politik dan demokrasi serta sistem ketatanegaraan melalui keberlakuan konstitusi yang menjadi dasar penyelenggaraan negara.

“Sejak awal kemerdekaan hingga saat ini, MPR telah mengalami perubahan mendasar dalam hal kedudukan dan wewenangnya. Perubahan itu terjadi sebagai akibat dari perubahan sistem politik ketatanegaraan pada tahun 1949 sampai dengan tahun 1959, dan refomasi konstitusi melalui perubahan Undang-Undang Dasar yang dilakukan oleh MPR pada 1999 sampai dengan 2002,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan rasa syukur atas warisan kebangsaan tersebut, MPR RI memberikan perhargaan kepada almarhum Taufik Kiemas sebagai ‘Bapak Empat Pilar MPR RI’.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menilai Taufik Kiemas yang mantan Ketua MPR itulah yang melahirkan gagasan konsep lembaga legislatif ini.

“Perhargaan ini diberikan atas jasa beliau dalam membangun paradigma kebangsaan, merajut kebersamaan dalam keberagaman, dan menyatukan visi ke-Indonesiaan kita,” terangnya.

Diketahui, empat Pilar MPR mengacu pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ide Empat Pilar ini dicetuskan Taufik Kiemas saat dia menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2009-2014 sebagai tindak lanjut dari kepemimpinan sebelumnya.


Photo Credit: Mantan Ketua MPR RI Almarhum Taufik Kiemas. DETIK/Ari Saputra

Indra Christianto