Sukses, Sambut HUT RI ke -75 Pelantang Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan anti Covid-19. Seperti memakai masker, pengukuran suhu, tempat menunggu yang berjarak dan mencuci tangan. Dari sisi pendonor juga ada screening khusus.

Sukses, Sambut HUT RI ke -75 Pelantang Gelar Donor Darah

Telegraf, Jakarta – Pemuda Bulan Bintang Pusat atau biasa disebut Pelantang menggelar aksi donor darah di Kantor Pusat Partai Bulan Bintang, Minggu (16/08/2020). Aksi kemanusiaan yang bertajuk “Donor Darah Merdeka bersama Pemuda Bulan Bintang” ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-75.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum Pemuda Bulan Bintang M. Ali Nurhakim, Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan dr. Irdawati Novita dan Sekretaris Jendral Diah Badriah. Ali Nurhakim menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini sebagai salah satu wujud bakti Pemuda Bulan Bintang Pusat kepada masyarakat.

Sukses, Sambut HUT RI ke -75 Pelantang Gelar Donor Darah

“Kami, para pemuda-pemudi Bulan Bintang ingin terus merawat dan mempertebal rasa simpati dan empati dengan membantu memenuhi berbagai kebutuhan hidup masyarakat di masa pandemi ini. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan darah yang stoknya kian menipis karena minimnya pendonor akibat wabah Covid-19,” ujar Nurhakim, Minggu (16/08/2020).

Ia menambahkan aksi kemanusiaan donor darah ini akan digelar secara berkelanjutan agar bisa membantu memenuhi stok darah yang dibutuhkan masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan jajaran pengurus Pemuda Bulan Bintang Pusat saja tapi PW Dan PC Pemuda Bulan Bintang diseluruh Tanah Air juga mengajak masyarakat umum untuk ikut serta mendonorkan darah mereka.

“Harapannya setelah acara perdana ini akan ada kerjasama lanjutan dengan pihak PMI sehingga kami bisa melakukan acara donor darah sesering mungkin untuk membantu memenuhi stok darah yang dibutuhkan masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama dr. Irdawati Novita selaku Wakil Ketua Umum PP Pemuda Bulan Bintang Bidang Kesehatan Sekaligus Penanggung jawab Teknis Acara menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Para petugas donor menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan melakukan rapid test terlebih dahulu dan menggunakan APD saat melayani pendonor.

Baca Juga :   Melacarkan Kegiatan Warga Dengan Internet Gratis "Kampung Smart" di Tambak Mulyo Semarang

Sukses, Sambut HUT RI ke -75 Pelantang Gelar Donor Darah

“Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan anti Covid-19. Seperti memakai masker, pengukuran suhu, tempat menunggu yang berjarak dan mencuci tangan. Dari sisi pendonor juga ada screening khusus. Para pendonor diminta untuk mengisi formulir tambahan dan setelah lolos dari pemeriksaan baru bisa mendonorkan darahnya. Dari target kami 50 orang, ada 25 pendaftar dan yang diterima sesuai protokol Covid hanya 19 orang,” tuturnya.

Tips Memulihkan Diri Setelah Donor Darah

Novita mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi percontohan bahwa dalam keadaan sulit pun kita harus tetap berbagi karena masih banyak orang di luar sana yang membutuhkan donor darah. Dan donor darah masih bisa dilakukan dengan aman dalam masa pandemi ini asalkan sesuai dengan protokol kesehatan anti Covid-19.

Ditemui Ketua Panitia Pelaksana Jihan Raliby mengatakan Kegiatan Donor Darah ini adalah Bentuk Kepedulian kita. Dulu Para Pahlawan Pejuang Kemerdekaan menumpahkan darahnya. Kali ini kita sebagai Generasi Penerus memperingatinya dengan Memberikan darahnya untuk kemanusiaan dalam kondisi Covid-19.

Yuliana