Start Terdepan, Hamilton Berpotensi Raih Gelar Juara F1 Kelima Kalinya

"Saat memasuki lomba terakhir, saya tahu hal itu membuat kami cukup tegang. Itu akan membutuhkan putaran yang solid. Pembalap Ferrari jelas sangat cepat,"

Start Terdepan, Hamilton Berpotensi Raih Gelar Juara F1 Kelima Kalinya

Telegraf, Texas – Lewis Hamilton dari Tim Mercedes selangkah lagi merebut gelar juara balap mobil Formula Satu (F1) untuk kelima kalinya setelah menempati posisi start terdepan di Grand Prix AS, Minggu atau Senin WIB (21/10/18). Sementara saingan terdekatnya Sebastian Vettel dari Ferrari, akan mengawali lomba dari posisi start kelima.

Hamilton akan menjadi pembalap ketiga yang mampu merebut setidaknya lima gelar juara jika meraih delapan poin lebih banyak dibanding Vettel pada lomba Minggu. Pembalap Inggris itu akan mengawali lomba di barisan terdepan (pole position) bersama pembalap asal Finlandia Kimi Raikkonen dari Tim Ferrari.

Vettel sebenarnya akan menempati start baris kedua karena lebih lambat 0,061 detik dari Hamilton. Tetapi ia dapat penalti dan diturunkan tiga tingkat gara-gara melakukan kesalahan karena tetap memacu kencang kendaraannya meski bendera merah sudah dikibarkan pada sesi latihan Jumat.

Bagi Hamilton, start terdepan adalah sebuah rekor baru, yaitu untuk ke-81 kali, atau ketiga secara beruntun di Sirkuit Austin, dan kesembilan sepanjang musim lomba tahun ini.

Catatan waktu satu menit 32,237 detik, juga menjadi sebuah rekor tersendiri bagi Hamilton. “(Start terdepan) itu sangat penting, sudah dekat,” kata pembalap Inggris itu sambil melambaikan tangan di kerumunan penggemarnya.

“Saat memasuki lomba terakhir, saya tahu hal itu membuat kami cukup tegang. Itu akan membutuhkan putaran yang solid. Pembalap Ferrari jelas sangat cepat,” katanya.

Ferrari telah memperlihatkan kemampuan mereka dengan menempati start terdepan kedua di babak kualifikasi dengan mengandalkan Kimi Raikkonnen dan Sebastian Vettel.

Ketatnya persaingan di antara ketiga pembalap itu dapat dilihat dari selisih waktu yang kurang dari sepersepuluh detik. “Saya cukup gembira karena kami bisa kembali bersaing. “Hasil babak kualifikasi sangat ketat, kami tidak mengira bisa seketat ini,” kata Vettel.

Jika Hamiton tampil sebagai juara untuk merebut gelar kelima secara beruntun, maka Vettel yang juga sudah mengumpulkan empat gelar juara, harus mampu berada di posisi kedua untuk menjaga peluang pada lomba di Meksiko minggu depan.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, akan berbagi posisi di baris kedua dengan Daniel Ricciardo dari Australia (Red Bull).

Pembalap Timm Force India, Esteban Ocon, akan memulai lomba dari keenam, disusul pembalap Renault Nico Hulkenberg di posisi tujuh dan Romain Grosjean (Haas) di tempat kedelapan dan Haas adalah satu-satunya tim Formula Satu yang mewakili tuan rumah AS. (Red)


Photo Credit : Fox Sport


 

Share



Komentar Anda