SOI Tawarkan Kesempatan Bagi Indonesia Jadi Tuan Rumah SOWG

Oleh : A. Chandra S.

Telegraf – Special Olympics International (SOI) menawarkan kesempatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Special Oympics World Games 2027. Hal itu disampaikan oleh Chief Operating Officer SOI Lou Lauria dalam pertemuan tertutup di ruang Salon Dresden, Hilton Hotel, Berlin, pada (21/06/2023) siang, kepada Menpora Dito Ariotedjo yang hadir memenuhi undangan pertemuan itu bersama Ketua Umum PP SOina Warsito Ellwein.

Penawaran itu akan dilaporkan Menpora kepada Presiden Joko Widodo usai penyelenggaraan Special Olympics World Summer Games Berlin yang akan ditutup 25 Juni mendatang. Pihak Special Olympics International berharap akan segera melanjutkan pembicaraan itu segera.

“Ya kami baru saja bertemu dengan Chief Operating Officer bersama President Special Olympics Asia Pacific Region,” ujar Menpora.

Penawaran itu, lanjut Menpora, berdasarkan pengamatan SOI atas perkembangan inklusivitas di Indonesia. Selain itu pertimbangan lain adalah kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan sejumlah gelaran olahraga multi event, seperti Sea Games, Asean Paragames. Atas dasar itu SOI mengundang Indonesia secara resmi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Special Olympics World Games 2027.

Menpora menduga kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah setelah Jerman, karena Indonesia dianggap sebagai new emerging country yang ikonik.

Setelah Eropa, Indonesia Dianggap Pantas Mewakili Asia Pacific

Ditambahkan pula bahwa syarat menyangkut fasilitas penyelenggaraan Indonesia sudah memenuhi. Beberapa kali penyelenggaraan ajang besar Indonesia sudah menyelenggarakannya di vanue berstandar olympiade.

Sementara itu Ketua Umum PP SOina Warsito Ellwien menggambarkan pembicaraan itu amat lancar , pihak SOI tidak bertele-tele bertanya.

“Awal pembicaraan resmi yang bagus dan merupakan indikator bahwa SOI sudah percaya dengan bukti keberhasilan Indonesia menghelat pesta olahraga multievent intertenational,” kata Warsito.

“Semula kami berharap untuk penyelenggaraan pada 2031, tapi SOI malah menawarkan kesempatan yang lebih cepat, tentu ini bagus sekali,” ujarnya singkat.

Indonesia sudah sembilan kali ikut serta dalam penyelenggaraan Special Olympics World Games. Pertama kali saat berlangsung di Minesota, Meneapolis, USA pada 1991. Keinginan agar mendapat kesempatan menjadi tuan rumah sebelumnya sudah sempat beberapa disampai oleh para pejabat tinggi negara yang menangani bidang olahraga.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close