Soal Cawapres Jokowi, PPP: Tak Masalah Cawapres Berasal Dari Partai Atau Bukan

"Perlu diputuskan terkait positioning tiga partai nonparlemen yang belum jelas dalam Pilpres mendatang. Setelah itu baru melangkah ke soal cawapres,"

Soal Cawapres Jokowi, PPP: Tak Masalah Cawapres Berasal Dari Partai Atau Bukan


Telegraf, Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak menentukan harga mati untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP, Arsul Sani mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan cawapres Jokowi berasal dari partai atau nonpartai.

“PPP tidak menentukan harga mati. Justru di situ musyawarah antara partai koalisi melalui pertemuan-pertemuan perlu segera dilakukan, yang penting tidak boleh satu pun partai mensyaratkan dukungan dengan di-bundling cawapres harus dari partai mereka,” ujar Arsul, Jumat (22/06/18).

Ia mengatakan, sejauh ini Jokowi memang belum mengumumkan cawapres. Sebab untuk menentukan pilihan, harus melalui musyawarah antara Jokowi sendiri dengan para pimpinan partai pengusung.

Penentuan tersebut, katanya, harus dilakukan sebelum pendaftaran calon presiden dan cawapres pada 4 Agustus 2018 mendatang. Hanya saja, dalam waktu dekat yang dibutuhkan adalah komposisi final partai pengusung Jokowi yang terdiri dari lima partai di DPR yakni, PDIP, PPP, Golkar, Nasdem, dan Hanura, serta tiga partai nonparlemen, yakni PSI, Perindo dan PKPI meski tak lolos verifikasi KPU.

“Perlu diputuskan terkait positioning tiga partai nonparlemen yang belum jelas dalam Pilpres mendatang. Setelah itu baru melangkah ke soal cawapres,” katanya.

Belum diumumkannya cawapres Jokowi juga disebutkannya tidak tergantung pada siapa capres dan cawapres lawannya. Kendati menjadi faktor, namun tidak menjadi hal yang paling diperhitungkan. (Red)


Photo Credit : Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy atau Romi. FILE/Dok/Ist. Photo

 

KBI Telegraf

close