Telegraf, Yogyakarta – Gunung Sewu World Class Geopark Night Specta bertajuk Menjemput Impian Mendunia Symphony Orchestra siap digelar 7 Desember 2016 di Gunung Api Purba Nglanggeran. Dalam perhelatan besar yang dilaksanakan untuk peringatan 1 tahun Geopark Gunungsewu tersebut bintang utama Katon Bagaskara akan tampil dengan latarbelakang Gunung Nglanggeran yang ditembak dengan pencahayaan 40 ribu watt lampu warna-warni.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta dalam temu pers di Neo Malioboro Hotel Kamis (1/12/2016) mengatakan acara Gunung Sewu World Class Geopark Night Spectamerupakan sebuah persembahan untuk memperingati satu tahun penetapan warisan dunia oleh UNESCO pada 2015 lalu. Menurut dia, dalam malam spekta tersebut Katon Bagaskara akan tampil dengan latarbelakang panggung yang menghadap eksotisme Gunung Api Nglanggeran.

“Saya kira akan sangat luar biasa di mana 40 ribu watt lampu akan menyinari Nglanggeran dan ini pertama kalinya dilakukan, konser terbuka dengan bintang tamu spesial di panggung terbuka Nglanggeran. Semoga nantinya masyarakat dan wisatawan dari manapun bisa datang ke Nglanggeran,” ungkapnya.

Terkait pemilihan Katon Bagaskara, Aris mengungkap bawasanya sosok Katon memiliki historis dan kedekatan memperkenalkan pariwisata Yogyakarta melalui lagu-lagu hitsnya periode 90-an. “Kami rasa cocok dan spekta ketika sosok yang punya magnet pariwisata DIY tampil dan kami pilih Katon Bagaskara, semoga bisa menambah syahdunya suasana di Nglanggeran terutama pada malam hari,” imbuhnya.

Sementara Hari Sukmono, Sekjen Geopark Gunungsewu menambahkan bawasanya nanti selama acara, wisatawan yang datang hanya harus membayar retribusi senilai Rp 2 ribu dengan biaya parkir Rp 5 ribu. “Sesuai Perda memang, kami tetap memberlakukan retribusi tapi tetap akan ada pengalaman menarik pada siapapun yang datang,” ungkapnya.

Sugeng Handoko, pengelola Pokdarwis Nglanggeran juga mengungkap bawasanya nantinya ada shuttle yang mengantar wisatawan untuk naik menuju spot utama. “Jaraknya memang 1 kilometer dari lokasi parkir jadi kami siapkan angkutan bersama, jadi mudah-mudahan bisa mengakomodasi seluruh wisatawan,” terangnya. (Red)