Telegraf, Philip Island – Pembalap anyar Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, telah menampilkan performa apiknya saat melakoni sesi tes pramusim di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 15 hingga 17 Februari 2017. Tercatat, Vinales membukukan waktu terbaik 1 menit 28,549 detik.

Bahkan, Vinales mengungguli juara dunia MotoGP 2016 yakni Marc Marquez. The Baby Alien –sapaan akrab Marquez– finis di urutan dua dengan waktu 1 menit 28,843 detik.

Hal tersebut membuat Yamaha mengapresiasi pencapaian baik Vinales. Kecepatan Top Gun –julukan Vinales– sesuai dengan ekspektasi Yamaha. Ia pun diharapkan dapat tampil konsisten sepanjang MotoGP 2017.

“Pertama saya patut mengapresiasi pencapaian Vinales. Dia telah benar-benar jadi pembalap tercepat di sesi pramusim Australia dan unggul dari Marquez dan Rossi,” ucap Team Manager Yamaha, Massimo Meregalli, mengutip dari Foxsportasia.

Sayangnya, langkah Vinales tidak diikuti rekan setimnya, Valentino Rossi. The Doctor –julukan Rossi– hanya mampu menempati posisi 11 dengan catatan waktu 1 menit 29,470 detik.

Menurut Meregalli, pencapaian Vinales dan Rossi di sesi pramusim tersebut menjadi dasar untuk perbaikan Yamaha mengarungi MotoGP 2017. Ia pun berharap kedua pembalapnya menampilkan performa terbaik di lintasan.

“Bagi kami hasil tes pramusim sangat penting untuk melihat situasi mengelola balapan MotoGP 2017. Saya harap Vinales dan Rossi terus menampilkan performa terbaik mereka dan mengevaluasi hasil tes pramusim,” ujarnya.

Sesi tes pramusim selanjutnya digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada 10 hingga 12 Maret 2017. Hasil tersebut menjadi pengujian terakhir bagi tiap pembalap sebelum seri perdana GP Qatar dimulai pada 26 Maret 2017. (Red)

Photo credit : Getty Images